Close

Ril Porang Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, motivasi dan pimpin kegiatan penanaman tanaman porang bersama Ril Porang di Korong Pasa Dama, Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padangpariaman.

PADANGPARIAMAN, METRO–Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, motivasi dan pimpin kegiatan penanaman tanaman porang bersama Ril Porang di Korong Pasa Dama, Kenagarian Paritmalintang, Kecamatan Enam Ling­kung, Kabupaten Padangpariaman.

“Penanaman yang dilakukan Ril Porang meng­gunakan lahan yang sebelumnya kurang ter­man­faatkan. Kita sangat mendukung kegiatan masyarakat atas nama Ril Porang ini,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

Katanya, untuk meningkatkan ekonomi ma­syarakat, Pemkab Padangpariaman berharap hasil panen porang dapat menjadi komoditas andalan ekspor masyarakat daerahnya.

Dikatakan, penanaman porang diselenggarakan masyarakat Ril Porang ini ditanam di lokasi penana­man porang dilakukan di lahan yang sebelumnya kurang termanfaatkan. Diversifikasi tanaman dila­kukan bersama tanaman kelapa.

“Seperti ini kita sangat mendukung  dalam rangka peningkatan pendapatan petani sehingga masyarakat lebih sejahtera ke depannya dalam bidang ekonomi,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, kepada semua petani di Kabupaten Padangpariaman untuk semakin pandai dalam merespon inovasi teknologi baru di bidang pertanian agar kesejahteraan petani dalam daerahnya dapat ditingkatkan.

Apalagi katanya, porang merupakan salah satu komoditas tanaman pangan unggulan yang berupa umbi-umbian.

Dahulu katanya, tanaman porang digunakan sebagai salah satu alternatif makanan pokok selain beras, namun saat ini porang merupakan salah satu komoditas ekspor yang digunakan untuk kebutuhan industri, kesehatan, kosmetik, dan makanan.

“Porang mengandung zat glucomanan atau zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut berasal dari ekstrak umbi porang. Karena kandungannya ini maka porang mempunyai nilai jual yang tinggi,” ujarnya.

Karena itulah katanya, perlu peran serta peme­rintah baik kabupaten, provinsi, Kementerian Pertanian maupun swasta untuk pengembangan porang di Kabupaten Padangpariaman ke depanya..

Sebab katanya, Pemkab Padangpariaman keter­batasan anggaran maka bantuan dari Kementerian Pertanian untuk kelompok tani pembudidaya porang sangat perlu seperti berupa pupuk.

Sehingga di waktu yang akan datang Pemkab Padangpariaman akan berusaha mensinergikan anggaran dengan pemerintah pusat untuk membantu petani porang dalam peningkatan kemampuan kapasitas baik dalam berbudidaya, mengolah dan memasarkan hasil panen porang agar memenuhi standar ekspor sehingga dapat mengangkat komo­ditas porang menjadi komoditas andalan di Kabupaten Padangpariaman  yang menjanjikan kesejahteraan bagi petani yang menanam.

Sementara itu Ril Porang pembudidaya porang di Pasa Dama menyatakan saat ini ia menyediakan 2,5 hektar lahan untuk menanam porang. “Kita sangat berterima kasih kepada Bupati Padangpariaman, karena sangat mendukung kegiatan tanaman porang ini, semoga dukungan ini terus menerus untuk budidaya porang di Kabupaten Padangpariaman,” tambahnya mengakhiri (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top