Close

Richi Aprian: BUMNag Jadikan Penunjang Ekonomi Masyarakat

Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian

TANAHDATAR, METRO–Dalam rangka pertumbuhan usaha mikro peme­rintahan desa/nagari sebaiknya memilki Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang merupakan perwujudan dari pengelolaan ekonomi produksif nagari yang dilakukan secara Koorperatif dengan tujuan kese­jahteraan masyarakat.  Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Richi Aprian saat mem­buka acara Gathering Eko­sistem Desa oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Pe­me­rintah kabupaten Tanah Datar di Ballroom Emersia Hotel Batusang­kar, pada Rabu ( 12/1).

Kegiatan tersebut di hadiri Wakil Pimpinan Cabang BRI Sumbar Bambang widiasmoro, Pimpinan Cabang BRI Batu­sangkar M. Ismail Fahmi, Ke­pala Dinas PMDPPKB Nofenril, Kepala Dinas Koperindag Da­fri­zal, Mantri dari BRI Batu­sang­kar, Walinagari dan pengurus BUMNag se Tanah Datar.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Richi Aprian menyam­pai­kan apresiasi kepada BRI Wilayah Sumbar yang telah melaksanakan kegiatan Gathering Ekosistem Desa dalam rangka mendukung program pemerintah yanga diamanatkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Badan Usaha Milik Desa.

“Dengan adanya Peraturan Pemerintah tersebut membuka peluang bagi pemerintahan nagari untuk mendirikan BUMNag dalam mengembangkan unit-unit usahanya, dengan berkembangnya BUMNag tentu akan berdampak pada kemandirian nagari secara ekonomi dan menjadi penunjang ekonomi masyarakat,” ungkap wabup.

Richi Aprian tambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan kepada Wali Nagari selaku pengelola BUMNag untuk menambah wawasan tentang potensi keuangan nagari dan alokasinya, tata kelola ke­uangan nagari serta strategi perencanaan dan pe­ngem­bangan nagari. “Setelah dilaksanakannya ke­giatan ini diharapkan prioritas penggunaan dana desa berfokus kepada pemberdayaan sumber daya manusia dan terwujudnya kesejahteraan masyarakat nagari,” kata Wabup.

Diakhir sambutan Wabup juga sampaikan terima­kasih kepada BUMNag yang sudah mendapatkan sertifikat badan hukum diantaranya  BUMNag Baringin Saiyo Nagari Baringin, BUMNag Tunas Mekar Nagari Simpuruik, BUMNag Bungo Setangkai Nagari Sungai Tarab dan BUMNag Saiyo Sakato Nagari Gurun.

Sementara itu, Wapinwil  BRI Sumbar Bambang widiasmoro sampaikan dilaksanakan kegiatan ini bertujuan untuk bisa berkolaborasi dengan Pemkab dalam membantu membangkitkan ekonomi masyara­kat., yang mana disetiap cabang di kecamatan BRI me­milki Mantri.

“Mantri BRI tidak hanya mengemban tugas pemasaran namun juga turut andil tugas mulia dalam memberdayakan masyarakat dengan mendampingi para pelaku UMKM, yang merupakan ujung tombak dari program – program BRI yang berhadapan langsung masyarakat dengan berbagai karakter,” kata Bambang.

Bambang juga sampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah Tanah datar yang telah berkola­bo­rasi dengan BRI. Kepada pengeloa BUMNag Bam­bang juga berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan galih terus potensi yang ada di nagari untuk di jadikan usaha. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top