Close

Ribuan Warga di Nagari Muaro Sungai Lolo Bersyukur Akses Jalan Dibangun

JALAN HULU— Beginilah kondisi jalan Hulu Layang-Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapatunggul Selatan, Pasaman.

PASAMAN, METRO–Ribuan  warga yang tinggal di Nagari Muaro Sungai Lolo, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan merasa bersyukur dan senang dengan dibangunnya akses jalan ke daerah itu. “Alhamdulillah kami atas nama masyarakat Jorong Pangian sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Pemerintah Provinsi  Sumatera Barat yang telah mewujudkan impian kami dari masyarakat Nagari Muaro Sungai Lolo untuk mendapatkan perbaikan akses jalan ini,” kata Kepala Jorong Pangian bernama Abdul Gapar.

Gapar menjelaskan, selama ini kondisi jalan yang buruk menjadi kendala bagi warga dalam membawa berbagai macam hasil perkebunan mereka. “Sudah tahunan kondisi jalan yang buruk menjadi kendala bagi kami dalam beraktifitas, baik itu untuk membawa hasil perkebunan masyarakat, dan juga untuk pergi sekolah bagi anak-anak di sini, apalagi di saat hujan, semuanya menjadi terhambat. Sekarang dengan dibangunnya jalan ini, kami sangat terbantu, sehingga untuk hasil perkebunan seperti gambir dan karet nantinya sudah bisa diantar langsung ke Pusat Provinsi,” katanya.

Hal senada juga disampaikan salah seorang Niniak Mamak di Jorong Pangian. Ia berterima kasih dan berharap pembangunan infrasturtur ini bisa ber­kesinambungan.

“Terima kasih kami kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya pembangunan infrastruktur di kampung kami, karena kami sangat butuh jalan ini, meskipun saat ini baru lima kilo meter lebih. Namun, sudah sangat membantu karena titik-titik jalan yang rusak parah, kini sudah diperbaiki dan sangat bagus. Kami berharap, pembangunan ini bisa berlanjut sehingga nantinya perbaikan ini bisa sampai ke Muaro Sungai Lolo,” ucapnya.

Diketahui, Kecamatan Mapat Tunggul Selatan memiliki dua Nagari, yakni Nagari Silayang dan Nagari Muaro Sungai Lolo, dengan status ruas jalan yang juga terbagi dua, yaitu ruas jalan Provinsi dan ruas jalan Kabupaten. Namun, selama ini buruknya akses jalan menjadi persoalan klasik bagi daerah ini, sehingga banyak berdampak pada kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Pantauan dilokasi, saat ini pembangunan ruas jalan Hulu Layang-Muaro Sungai Lolo sepanjang lima kilometer ini sebahagian telah sampai pada tahap pengaspalan dan sebahagian lagi masih tahap pengerasan.

Tidak hanya itu, perbaikan akses jalan Mapat Tunggul Selatan juga telah dilakukan dari Koto Panjang Nagari Langsek Kadap hingga Jorong Bangkok Nagari Silayang, terutama pada ruas jalan yang sulit untuk dilalui.

Seiring dengan ini percepatan pembangunan daerah tertinggal melalui peningkatan sarana dan prasarana memang menjadi salah satu konsep pemerintahan Presiden Jokowi di periode kedua.

Untuk itu, sudah sepantasnya pembangunan infrastruktur jalan bagi Kecamatan Mapat Tunggul Selatan terus digempur sebagai bentuk penunaian kewajiban dasar pemerintah, sehingga ke depannya bisa melepaskan daerah ini dari segala keterbatasan akibat akses jalan yang buruk. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top