Menu

Ribuan tak Bisa Bertahan, Corona Pengaruhi UMKM

  Dibaca : 256 kali
Ribuan tak Bisa Bertahan, Corona Pengaruhi UMKM
Ribuan tak Bisa Bertahan, Corona Pengaruhi UMKM

PARIAMAN, METRO
Sebanyak 3.684 UMKM dari total 7.117 UMKM yang ada di Kota Pariaman, kemarin, saat ini terdampak akibat Corona Virus Disease 2019 dimana UMKM tersebut tidak dapat bertahan ditengah mewabahnya COVID-19 ini, yang menyebabkan berbagai sektor usaha bangkrut, tutup dan yang tetap survive juga menurun drastis penghasilanya.

“Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memang yang paling terdampak dengan adanya virus corona ini, sehingga kita di Dinas Perindagkop & UKM (Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah) Kota Pariaman, berusaha untuk membantu dengan segala kemampuan yang kami punya,” ungkap Kepala Dinas Perindagkop & UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, kemarin.

Saat ini lebih dari setengah total UMKM yang ada di Kota Pariaman terdampak, yaitu sebanyak 3.684 UMKM, yang telah didata dari 4 Kecamatan yang ada di Kota Pariaman.

“Pada Kecamatan Pariaman Utara dari total 1.505 UMKM yang ada, yang terdampak sebanyak 1.209 UMKM, Kecamatan Pariaman Timur dari total 1.300 UMKM, yang terdampak 844 UMKM, Kecamatan Pariaman Selatan dari total 1.443 UMKM, yang terdampak 778 UMKM dan Kecamatan Pariaman Tengah dengan total 2.869 UMKM yang terdampak sebanyak 853 UMKM,” terangnya.

“Dengan tingginya angka UMKM yang terdampak, saat ini Dinas Perindagkop & UKM sedang membuat formula yang terbaik untuk keberlangsungan para UMKM ini, dengan mengikuti arahan dan bantuan dari pusat tentang stimulus terhadap UMKM di Indonesia yang terdampak virus corona ini,” ujarnya lebih lanjut.

Selain itu, ditengah mewabahnya COVID-19, yang terjadi saat ini minimnya perlengkapan APD (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis dan tim gugus tugas yang ada di Posko Tanggap Darurat COVID-19, karena itu pihaknya, berdayakan UMKM ini  dalam pembuatan APD untuk kebutuhan dari Pemko Pariaman.

“Saat ini sudah ada beberapa UMKM yang membuat APD pesanan dari beberapa Dinas untuk tenaga medis dan tim gugus tugas yang ada di posko-posko tanggap darurat COVID-19, dan kita berharap para UMKM kita yang terdampak ini, dapat mengambil peluang ini untuk terus bertahan ditengah ekonomi masyarakat yang turun saat ini,” tandasnya mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional