Menu

Revolusi Mental, Upaya Menuju Masyarakat yang Mandiri

  Dibaca : 72 kali
Revolusi Mental, Upaya Menuju Masyarakat yang Mandiri
Suhatri Bur

PDG.PARIAMAN, METRO – Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan saat ini Presiden dan Wakil Presiden repoblik Indonesia dilantik. Namun apa yang disampaikan Presiden Indonesia Joko Widodo tentang revolusi mental merupakan sebuah gerakan yang dimaksudkan untuk membangun karakter bangsa dengan mengubah cara pikir yang jauh lebih baik, mandiri, berkarakter dan nasionalis.

“Gerakan tersebut sebagai gerakan yaang menciptakan paradigma, budaya politik, dan pendekatan nation building baru yang lebih manusiawi, sesuai dengan budaya nusantara, yaitu bersahaja dan berkesinambungan,” kata Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin, saat dampingi Cornita Ermanto dari Kemendes RI hadiri syukuran 3 tahun Nagari Koto Dalam Selatan sekaligus penyerahan hadiah pemenang pertandingan bola volly.

“Ini semua untuk memenuhi amanah konstitusi agar setiap rakyat Indonesia dapat mengembangkan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. Kerja keras (etos kerja, daya saing, optimis, inovatif dan produktif) gotong royong (kerjasama, solidaritas, komunal dan berorientasi pada kemaslahatan),” katanya.

Itu katanya, strategi internalisasi tiga nilai ini dilakukan melalui jalur birokrasi, lembaga pendidikan, kelompok masyarakat, sektor swasta, hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Sektor pendidikan misalnya, bagaimana pemerintah akan terus memperkuat kurikulum untuk membangun integritas, membentuk etos kerja, dan semangat gotong royong. Atau sektor swasta dengan salah satunya memperkuat kemitraan antara pengusaha kecil dengan pengusaha besar. Atau mendukung inisiatif usaha kecil menengah dengan membuka pasar atau sentra yang menjual produk lokal yang inovatif, kreatif dan dengan harga terjangkau.

“Perubahan masyarakat memang dimulai dari diri sendiri. Revolusi mental ini adalah tanggung jawab masing-masing namun melihatnya sebagai bangsa,” ujarnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional