Close

Reses Masa Sidang III Tahun 2022, Anggota DPRD Kota Padang Turun Ke depil, Jaring Aspirasi Warga

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani Reses di Masjid Istiqomah, Durian Ratus RT. 02 RW. 07 Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang melak­sanakan reses III tahun 2022 dengan turun ke daerah pe­milihan (Dapil) masing-masing, menjemput aspirasi masyarakat, mulai tanggal 4 hingga 8 Oktober 2022.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani, Datuk Rajo Jambi, SH mengatakan, masa reses merupakan ma­sa dimana para ang­gota dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihan­nya (dapil) masing-masing.

“Tugas anggota dewan di dapil men­jaring, menampung aspirasi konstituen,­bersilahturahmi dan dialog.Nantinya, aspi­rasi mereka akan dija­dikan pokok pikiran anggota dewan dan disam­paikan ke pemerintah Kota padang,” ungkap Sayfrial Kani.

Pada reses masa sidang III Tahun 202, pada 5 Oktober 2022, Syafrial Kani melakukan kunjungan ke Kecamatan Pa­dang Timur, tepatnya, di Masjid Raya Andalas, Kelurahan An­dalas.

 Dalam kesempatan tersebut, ketua DPRD Kota Padang ini menghimbau kepada masya­rakat agar kembali masjid dan meng­hidupkan lagi masjid. Me­nurut­nya, Masjid jangan hanya dija­dikan sekedar tempat beribadah, namun juga kegiatan bermanfaat lainnya.

 “Masjid bisa juga kita jadikan tempat musyawarah untuk me­nye­lesaikan persoalan-per­soalan yang ada. Termasuk yang saya lakukan dalam menja­lankan tugas sebagai anggota dewan menjemput aspirasi ma­syarakat di kelurahan Andalas, Kecamatan Padang Timur ini,” kata Syafrial Kani.

 Dalam reses tersebut, ber­bagai kebutuhan masyarakat di­uta­rakan. Mulai dari pem­bangu­nan masjid dan mushola, pem­bangunan jalan lingkungan, dan masalah pendidikan.

 Dalam pertemuan tersebut turut hadir Camat Padang Timur Siska Meilani, Lurah Andalas Zuryeni, Direktur Bank Sampah Andalas Sepakat Syaifuddin Islami, Bhabinkamtibmas, Pengu­rus Masjid Raya Andalas dan Masyarakat Andalas.

Ketua DPRD juga mela­kukan kunjungan ke Mushalla Jamiatul Khairat Rawang Pasar Ambacang. Di tempat tersebut masyarakat mengusulkan pem­bangunan di kelurahan pasar ambacang demi kepentingan masyarakat.

 Pada 06 Oktober 2022, ketua DPRD juga mengunjungi Masjid Arafah, Jl. Djamaluddin Wak Ketok RT. 01 RW. 06 Kelurahan Pisang Kecamatan Pauh.  Beberapa keluhan di­sam­paikan masyarakat untuk segera ditindaklanjuti.

 Kemudian, , 08 Oktober 2022, kunjungan berlanjut ke Masjid Istiqomah, Durian Ratus RT. 02 RW. 07 Kelurahan Kurao Pagang Kecamatan Nanggalo. Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ikut hadir tampak sangat antusias.

 Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani, SH juga menyam­paikan ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasinya, oleh karena itu dirinya akan berjuang untuk sejahtera masyarakat.

 Hal yang sama juga dila­kukan Wakil Ketua DPRD Pa­dang, Arnedi Yarmen, mengge­lar reses ke daerah pemilihan­nya. Arnedi mengungkapkan, pada saat reses  cukup banyak warga kota yang bertanya kepadanya soal belum juga digelarnya pemilihan Wakil Wali Kota Padang antar waktu.

“PAN dan PKS kan sudah memasukan nama. Tapi masya­rakat juga harus memahami aturan yang ada, bahwa nama-nama calon Wakil Wali Kota itu harus dikirim ke DPRD oleh Wali Kota, baru nanti dilakukan pemilihan di DPRD,” katanya kepada war­tawan, Senin, 24 Oktober 2022, di ruangan kerja­nya.

Disamping itu, kata Arnedi Yarmen, warga juga menyam­paikan aspirasi terkait pem­bangunan di daerah mereka. Dan sebagai wakil rakyat, diri­nya telah mencatat aspirasi itu untuk diperjuangkan di lembaga DPRD.

Wakil Ketua DPRD Padang Amril Amin juga melaksanakan reses yang kegiatannya dipu­satkan di SMAN 6 Padang. Sedikitnya 600 orang yang hadir. Dalam kesempatan tersebut  hadir wa­kil ketua DPRD Sum­bar, Indra Dt Rajo Lelo, Ir­wan Afriadi Ang­gota DPRD Pro­vinsi Sumbar, Osman Ayub Ang­gota DPRD Kota Pa­dang, Sek­da Kota Pa­dang An­dree H Alga­mar, Kepala Dinas Ko­pe­rasi dan UMKM Kota Pa­dang Ferri Erviyan Ri­nal­dy,­ Dinas Sosial Kota Pa­dang,­ Ca­mat Padang Se­la­tan Jasman, Lurah se Keca­matan Padang, LPM Se Padang Selatan, RT RW se Padang Selatan, Ketua Bapera Kota Padang Zaki­ruddin, Forum Anak Na­gari Mato Aie. Mukhlis Ramli dan undangan lain­nya , hadir lebih kurang 600 orang.

Amril Amin menyampaikan, kegiatan reses ini kegiatan rutin yang dilaksanakan seorang anggota dewan kembali ke­dae­rahan pemili­han­nya berdiskusi dengan masyarakat tentang apa saja yang menjadi aspirasi mereka.

Wakil Ketua DPRD Padang Ilham Maulana juga melakukan reses di Seberang Padang. Ilham juga mengatakan cukup banyak aspirasi yang disam­paikan masyarakat, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

 Dalam reses tersebut, Ilham Maulana juga meresmikan pa­gar kantor lurah Seberang Palinggam yang baru selesai dibangun dengan dana pokok pi­kiran (pokir) anggaran tahun 2022. Selanjutnya, meresmikan pemakaian jalan lingkung di Seberang Palinggam.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top