Menu

Republik Ceko vs Denmark, Pembuktian Siapa Kuda Hitam Terbaik

  Dibaca : 217 kali
Republik Ceko vs Denmark, Pembuktian Siapa Kuda Hitam Terbaik
Timnas Republik Ceko akan berhadapan dengan Timnas Denmark di babak perempat final Euro 2020, Sabtu (3/7) pukul 23.00 WIB.

Timnas Republik Ceko akan berhadapan dengan Timnas Denmark di babak perempat final Euro 2020, Sabtu (3/7) pukul 23.00 WIB. Pertandingan ini akan di­gelar di Olympic Stadium, Baku. Duel tersebut di­prediksi akan berjalan sangat sengit dan men­jadi pembuktian siapa kuda hitam terbaik yang layak ke semifinal.

Di babak 16 besar, Ceko mengalahkan Belanda 2-0 le­wat gol-gol Tomas Holes dan Patrik Schick. Gol kontra Belanda adalah gol ke-4 Sc­hick di Euro 2020. Se­men­tara itu, Denmark menghajar Wales 4-0. Kasper Dolberg mem­borong dua gol, sedangkan Joakim Maehle dan Martin Braithwaite masing-masing menyumbang satu gol.

Sejarah rekor perte­muan antara Denmark dan Rep Ceko boleh dibilang sama kuat. Tercatat dari 7 head to head (H2H) ter­akhir, kedua kubu sama-sama merebut 1 keme­nangan, sementara 5 laga sisanya selalu berakhir seri.

Namun hal tersebut tak sepenuhnya bisa dijadikan acuan, mengingat duel paling akhir Denmark vs Ceko terjadi dalam tempo 5 ta­hun silam, yakni pada se­buah laga persahabatan bulan November 2016, yang berakhir seri 1-1.

Sementara khusus un­tuk performa dalam ajang EURO 2021, Denmark dan Rep Ceko memperlihatkan grafik penampilan yang sedikit berbeda. Performa Denmark dalam kejuaraan Piala Eropa 2021 bo­leh di­bilang konsis­ten me­nanjak.

Tim asuhan Kas­per Hjulmand me­ngawali 2 laga perda­na fase grup dengan buruk. Tim Dinamit takluk 0-1 di tangan Finlandia, kemudian kembali tertunduk saat ditumbangkan tim unggulan Belgia, lewat skor 1-2. Akan tetapi Simon Kjaer dan kawan-kawan lan­tas bangkit dalam 2 laga berikutnya. Denmark pesta gol 4-1 ke gawang Rusia dalam laga pamung­kas grup. Lantas kembali me­nang besar 4 gol tanpa balas, ketika meng­hadapi Wales di babak 16 besar.

Dari sisi permainan di atas lapangan performa Denmark juga terbilang bagus. Statistik Whosored memperlihatkan bahwa Tim Dinamit memiliki rata-rata penguasaan bola men­­capai 56 persen, de­ngan jumlah tembakan per laga hingga 18,8 kali.

Hal sebaliknya terjadi di kubu Rep Ceko. Tim besutan Jaroslav Silhavy hanya memiliki rata-rata ball possession 46 persen, d­engan rerata jumlah tem­bakan 10 kali per laga.

Sementara itu grafik hasil pertandingan Rep Ceko selama gelaran EU­RO 2021 juga terlihat belum konsisten, alias masih naik-turun. Ceko me­nang 2-0 atas Skot­landia dalam laga per­dana, imbang kontra Kro­asia dalam laga ke­dua, lalu tumbang di tangan Inggris pa­da matchday  3.

Tak hanya itu, Timnas Rep Ceko juga masih punya kartu truf dalam diri sang striker, Patrik Schick. Saat ini penyerang milik klub Jerman, Bayer Lever­kusen itu, ma­suk seba­gai salah satu kandidat top skor EURO 2021. Schick se­jauh ini sudah mengoleksi 4 gol, dan hanya defisit 1 gol dari pimpinan top skor Cris­tiano Ronaldo yang timnya (Portugal) telah tersingkir di babak 16 besar. (*/rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional