Menu

Rempah-rempah Harumkan Nama Daerah

  Dibaca : 279 kali
Rempah-rempah Harumkan Nama Daerah
Dt. Putiah Nan Tuo Kepala SMPN 2 Bukittinggi

PARIAMAN, METRO–Rempah-rempah per­nah mengharumkan Nu­san­tara. Negeri ini pernah menjadi pemain penting dan pemasok utama dalam perdagangan dunia, jauh sebelum bangsa Eropa melakukan aktivitas per­dagangan di Asia Teng­gara. Jalur Rempah telah menciptakan simpul-sim­pul ke Indonesian antar wilayah di Nusantara dan menempatkan Indonesia sebagai wilayah strategis dalam perdagangan dunia.

Dan untuk mengingat dan menghargai sejarah bangsa Indonesia, Kemen­terian Pendidikan, Kebu­dayaan, Riset dan Tek­nologi RI dengan surat nomor 4236/F.F5/KB.04.06/2021 tanggal 10 Mei 2021, kepada Gubernur Sumbar, Bupati/Walikota se-Sum­bar serta Rektor Pergu­ruan Tinggi Negeri/Swasta untuk rekrutmen peserta Pelayaran Muhibah Bu­daya jalur rempah.

Pelayaran Muhibah Bu­daya dan festival jalur rempah akan dilaksanakan pada 17 Agustus-28 Ok­tober 2021 dimana Suma­tera Barat, Padang menjadi salah satu dari 13 titik rempah di Indonesia yang akan dilalui menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci.

Peserta Pelayaran Mu­hibah Budaya jalur rempah itu sendiri merupakan pu­tra-putri Indonesia yang berusia 17-24 tahun yang akan menjadi perwakilan dari setiap Provinsi di Indonesia yang berjumlah sebanyak 5 (lima) orang dengan pendaftaran paling lambat tanggal 10 Juni 2021 pada link : http://bit.ly/juknismuhibah. Atau untuk info selengkapnya, bisa menghubungi nomor kon­tak handphone di 0812.70.­887.58 dan 0811.69.436.33.

Wali Kota Pariaman Genius Umar, kemarin, mengajak untuk putra-putri terbaik dan berminat yang ada di Kota Pariaman un­tuk dapat mengikuti seleksi tersebut dan lulus mengi­kuti seleksi ini dan ikut serta dalam festival tersebut.

“Kita berharap dengan terbatasnya peserta dalam mengikuti festival ini, yakni hanya sebanyak 5 orang, dan itu merupakan putra-putri terbaik Kota Paria­man, yang nantinya akan mengharumkan nama Ko­ta Pariaman dan Sumatera Barat,” ujar Genius.

Namun, sambung Genius, yang tak kalah pen­ting, hal ini mampu men­jadi motivasi tersendiri bagi diri pribadi untuk lebih menghargai nilai dan mak­na perjuangan dalam seja­rah perdagangan rempah-rempah yang mampu mem­­bawa interaksi dan pertukaran nilai-nilai, pe­nyebaran agama, persi­langan budaya, kesenian dan keberagaman di ne­geri yang kita cintai.

Akun media sosial In­stagram (@jalurrempahri), Youtube Jalur Rempah RI (Jalur Rempah RI) dan me­ngunggah setiap akti­fitas muhibah budaya di media sosial dengan me­nandai (tag) @jalurrem­pahri dan tagar #jalurrem­pahkemen­dikbud #ja­lur­rempah­ke­men­dik­budris­tek.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional