Close

Rektor UIN Imam Bonjol Canangkan Zona Integritas

ZONA INTEGRITAS— Rektor Martin Kustati bersama sejumlah pejabat UIN IB Padang usia pencanangkan Zona Integritas. Dalam pencanangan tersebut, FTK dijadikan pilot project.

LUBUK LINTAH, METRO–Rektor UIN Imam Bonjol, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd secara resmi mencanangkan pem­bangu­­nan Zona Integritas (ZI) di UIN Imam Bonjol Padang. Pem­bangunan ZI yang menjadikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sebagai pilot project tersebut dilaksanakan di Gedung Rektorat Kampus 2 UIN Imam Bonjol Padang beberapa waktu lalu.

Pencanangan pembangunan ZI di UIN Imam Bonjol didasarkan pada SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2685 tahun 2022 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Pilot Project Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBBK) dan Wilayah Bi­rokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2022. UIN Imam Bonjol menjadi salah satu dari 26 PTKIN yang dipilih untuk mengimplementasikan program tersebut.

Dalam sambutan mengawali acara, Dekan FTK, Dr. Yasmadi, M.Ag., menyampaikan bahwa pembangunan ZI berkaitan dengan banyak unsur pelayanan. Oleh karena itu, implementasi program ter­sebut membutuhkan komitmen yang sangat tinggi.

“Pelaksanaan ZI ini me­nyangkut banyak unsur. Tidak hanya tentang pelayanan akademik di fakultas, tapi juga menyangkut administrasi, keuangan, sarana dan prasana, dan lain sebagainya”, tutur beliau.

Berkaitan dengan progres kinerja tim yang di­bentuk fakultas, Dekan menyampaikan bahwa tim telah menyusun beberapa eviden yang diminta pada aplikasi. Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, tim kerja optimis pada tahun ini bisa memenuhi standar yang ditetapkan.

“Tahun ini karena Kemenag sudah menetapkan kembali UIN Imam Bonjol sebagai pilot project, khu­susnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, kami berkomitmen penuh dengan tim untuk dapat meraih pre­dikat WBK WBBM itu dengan memaksimalkan seluruh kerja tim di FTK, termasuk unsur rektorat”, tegas beliau.

Dalam sambutan pencanangan pembangunan ZI tersebut, Rektor menyampaikan harapan kepada seluruh pimpinan untuk dapat mengimplementasikan ZI pada unit kerja ma­sing-masing. Semua unit kerja diminta memiliki komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kua­litas pelayanan.

“Meskipun FTK yang menjadi pilot project dalam WBK/WBBM ini, sejatinya seluruh unit kerja di Ling­kungan UIN Imam Bonjol Padang harus mengimplementasikannya dengan target akhir UIN Imam Bonjol Padang memperoleh predikat WBK/WBBM”, tegas beliau. (rel/hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top