Close

Reinkarnasi Winamp Segera jadi Nyata, Bakal Hadir di Windows 11

Setelah hampir empat tahun sejak versi beta pertama dari Wi­namp 5.8 tersedia yang belum keluar dari tahap pengujian sampai sekarang, kini para pengembang telah menghadirkan Winamp 5.9 RC1 sebagai kandidat rilis yang kompa­tibel dengan Windows 11. Dengan kata lain, reinkarnasi atau kelahiran kembali Winamp akan segera jadi nyata.

Deskripsi versi baru music pla­yer legendaris itu menyatakan dukungan untuk Windows 11 dan kemampuan untuk menyinkronkan dengan aplikasi versi Android. Pengembang Winamp juga dilaporkan telah me­ningkatkan dukungan untuk codec VP8, menambahkan direktori kerja baru untuk podcast dan juga me­ngimplementasikan dukungan untuk codec M38.

Selain itu, optimasi dan perbaikan bug juga kabarnya telah dilakukan untuk meningkatkan stabilitas aplikasi. So, buat yang sudah ka­ngen Winamp, aplikasi pemutar musik yang jauh lebih dulu hadir sebelum Spotify, Joox dan sebagainya, Anda harus bersiap-siap.

Kita mundur sedikit, Winamp player dari pengembang Amerika bernama Nullsoft muncul lebih dari 25 tahun yang lalu sebagai shareware untuk Windows 95. Player ini sangat populer dan dengan cepat menjadi alat utama untuk memutar audio MP3 bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Setelah lebih dari 16 tahun sukses keberadaannya, Winamp akhir­nya berakhir pada tahun 2013 lalu. Versi 5.666 yang dirilis pada 12 Desember 2013, tetap menjadi versi final terakhir dari pemain hingga saat ini.

Pada Oktober 2018, Radionomy mengumumkan rilis penuh Winamp 6, tetapi itu belum terjadi hingga kini. Winamp saat ini dikelola oleh WinAmp Community Update Project (WA­CUP), yang menyediakan paket plugin berbasis Winamp 5.666 melalui situs resminya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top