Close

Regsosek, Hasil Satu Data Program Perlindungan Sosial

USAI—Wakil Bupati Padangpariaman rahmang usai acara BPJS.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kema­rin, membuka kegiatan Ba­dan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Padangpariaman dalam rapat rapat koordinasi pendataan awal Re­gistrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) satu data perlindu­ngan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Regsosek merupakan pendataan seluruh pendu­duk yang mencakup profil dan kondisi sosial ekonomi yang sangat beragam mulai dari kondisi demografi, perumahan, keadan disabilitas, kepemilikan aset, hingga informasi geospasial.

Wakil Bupati Padangpa­riaman, Rahmang menyebutkan pelaksanaan Regsosek ini merupakan upaya pemerintah dalam membuat satu data program perlin­dungan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022 mendatang. “Partisipasi aktif masyara­kat dan seluruh jajaran pemerintah daerah serta pihak terkait di harapkan untuk turut mendukung dan ikut berkontribusi demi tercapainya data sosial dan ekonomi yang berkualitas di Padangpariaman,” ujarnya.

Menurut Rahmang, pendataan Regsosek ini sangat penting karena sesuai de­ngan strategi percepatan pengentasan kemiskinan di mana pada tahun 2024 diharapkan kemiskinan esk­trim di Indonesia dan Pa­dang­pariaman dapat tertuntaskan. “Pemerintah mera­sakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu upaya perbaikan data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk, diperlukan ekosistem pendataan perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh sehingga bantuan sosial betul-betul tepat sasaran,” jelasnya

Sebelumnya, Rahmang memberikan apresiasi kepada BPS Padangpariaman sebagai instansi terpecaya dalam memotret indikator pembangunan yang valid, akurat dan berkualitas me­nuju terciptanya satu data Kabupaten Padangpariaman. “Kita harapkan, pelaksanaan Regsosek ini di Kabupaten Padangpariaman dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan mengha­silkan data yang berkualitas,” harapnya.

Rakor yang mengangkat tema mencatat untuk membangun negeri satu data program perlindungan so­sial dan pemberdayaan ma­sya­rakat ini diikuti oleh Staf ahli, Asisten, Forkopimda, Camat se-Kabupaten Pa­dang­pariaman dan seluruh Organisasi Perangkat Dae­rah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Pa­dangpariaman. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu, menghadirkan Narasumber dari Kepala Badan (Kaban) Bapelitbangda Azwarman dan Kepala BPS Padangpariaman Joni Suryadi. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top