Menu

Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Zul Elfian/Reinier, Hadirkan Berbagai Iven Guna Menunjang Sektor Pariwisata

  Dibaca : 623 kali
Refleksi 4 Tahun Kepemimpinan Zul Elfian/Reinier, Hadirkan Berbagai Iven Guna Menunjang Sektor Pariwisata
Menjadikan duta budaya untuk mempromosikan Kota Solok

Waktu yang bergulir seakan memaksa untuk terus berbenah demi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Setidaknya seiring perjalan masa ke masa, hendaknya mampu diwarnai dengan karya-karya yang dapat membawa manfaat lebih sebagai momentum dalam menggapai sebuah tujuan.

Pesan ini begitu kental tersirat ketika Wali Kota Solok Zul Elfian bersama Wakil Wali Kota Solok Reinier dalam merefleksikan empat tahun kepemimpinannya menakhodai bahtera Kota Solok. Pesan tersebut seharusnya menggugah semua pihak terutama aparatur sipil negara di lingkungan Pemko Solok.

Zul Elfian mengungkapkan, memang tidak mudah untuk meujudkan harapan tersebut tanpa ada yang dapat ditawarkaný kepada masyarakat untuk mau datang ke Kota Solok. Ini seakan menjadi tantangan bagi Pemko Solok bersama masyarakat untuk menciptakan berbagai kreatifitas dalam menggali dan mengemas setiap peluang yang dapat menarik perhatian orang untuk datang ke Kota Solok.

Zul Elfian menjelaskan, dengan datangnya masyarakat luar untuk berkunjung ke Kota Solok ada dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat terutama mereka sebagai pelaku usaha ekonomi. Apalagi Kota Solok memang tumbuh sebagai kota perdagangan dan jasa yang memang membutuhkan kunjungan dari masyarakat luar.

Menyadari untuk menarik perhatian agar Kota Solok dilirik dan dikunjungi masyarakat luar, jelas diperlukan berbagai iven sebagai “gula”. Dan kenyataan tersebut sangat menuntut sebuah kreatifitas dalam memanfaatkan dan menciptakan setiap peluang yang ada.

Selama kepemimpinan Zul Elfian bersama Reinier, sejumlah iven yang menjadi kalender tetap dalam menunjang sektor pariwisata memang sudah menjadi agenda rutin. Bahkan kearifan lokal masyarakat Kota Solok terus diangkat dan dinilai memiliki potensi untuk menarik kunjungan masyarakat luar.

Hal ini terlihat ketika pergelaran pawai budaya yang dikemas dengan agenda daerah “baralek gadang” dan “ sumarak anak nagari” juga telah ditetapkan sebagai kalender daerah.

Dengan melakukan arak-arakan panjang dimana setiap peserta mengenakan pakaian adat yang menjadi kebesaran masyarakat Kota Solok serta diakhiri dengan jamuan makan secara adat yang dikenal dengan istilah makan baronjin, seakan membawa generasi muda untuk mengingat kembali jati diri mereka sebagai masyarakat Kota Solok.

Perkembangan Kota Solok cukup pesat seiring perkembangan kota ke arah kota perdagangan dan jasa dalam nuasa Kota Beras Serambi Madinah. Namun perkembangan Kota Solok tetap mempertahankan adat dan budaya masyarakat lokal yang terjaga dengan pembauran berbagai suku bangsa yang ada di Kota Solok.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Evi Basri menjelaskan, dalam kegiatan “Baralek Gadang” dengan pawai bernuangsa adat masyarakat Kota Solok yang menyuguhkan induak-induak berpakain baju kuruang Basiba yang merupakan pakaian ciri khas masyarakat Kota Solok tempo dulu, merupakan upaya pemerintah untuk melestarikan kearifan lokal masyarakat. Begitu juga makan Baronjin dengan duduk bersila diatas tikar, kebudayaan masyarakat Kota Solok diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri.

Kaum bundo kanduang juga aktif memperkenalkan kearifan lokal masyarakat Kota Solok untuk mendukung pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata. “bakureh” menjadi iven menyajikan masakan khas masyarakat Kota Solok.

Bahkan untuk memperkenalkan pesona alam Kota Solok, iven yang dikemas dengan “jelajah alam bareh solok” juga ditetapkan sebagai kalender pariwisata Kota Solok. Dalam iven ini kemampuan para pecandu motor trail sepertinya benar-benar diuji. Dangan latar pesona alam yang masih alami, setidaknya menyampaikan pesan kepada masyarakat luar bahwa Kota Solok menyimpan banyak potensi alam.

Wakil Wali Kota Solok, Reinier juga berpendapat, menciptakan peluang melalui berbagai ivent untuk menarik masyarakat luar berkunjung ke Kota Solok perlu dilakukan. Dan potensi alam yang ada di Kota Solok sangat mendukung pergelaran berbagai event dalam menunjang sektor pariwisata. “Kita harus mampu melirik dan mengembangkan potensi daerah yang ada. Untuk mewujudkannya kreativitas sangat dibutuhkan,” harap Reinier.

Bahkan untuk lebih memperkenalkan potensi pertanian di Kota Solok, Pemko Solok juga melaksanakan iven Alek Anak Nagari, dengan mengusung tema “Basi Kakeh Roda Basi”. Dengan kegiatan pacu Mesin Bajak, diharapkan akan mampu menarik perhatian serta lebih mendorong semangat petani dalam mengembangkan sektor pertanian.

Menurut Zul Elfian perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan sektor pertanian. Sehingga masyarakat petani harus mampu memanfaatkan perkembangan teknologi agar hasil pertanian lebih meningkat.

“Teknologi memiliki peranan penting disektor pertanian. Sehingga masyarakat petani perlu diperkenalkan dengan berbagai alat dan cara bertani yang lebih maju. Dengan kegiatan ini masyarakat petani akan lebih mengenal manfaat teknologi selain memberikan hiburan kepada masyarakat,” ujar Zul Elfian.

Selain Pacu Mesin Bajak, dalam kegiatan alek anak nagari Kota Solok juga diadakan kegiatan pelepasan bibit belut disawah solok. Bahkan untuk lebih menarik serta memberikan nuansa hiburan kepada masyarakat dan pengunjung, juga diadakan lomba pacu upiah serta penampilan silek tuo dalam sawah.

Penampilan silet tradisi “silek lanyah” di areal persawahan Sawah Solok juga dikemas agar mampu menarik pengunjung untuk datang ke Kota Solok. Dalam iven yang juga menjadi kalender tetap Kota Solok, sejumlah pesilat tradisi dari sejumlah daerah juga dilibatkan untuk lebih memperkenankan keindahan dan keunikan daerah Kota Solok dengan segala potensinya. Dalam hal ini, Pemko Solok melibatkan para tokoh masyarakat dan tuo silek agar semua pihak mendukung dan ikut bertanggungjawab terhadap program yang dicanangkan pemerintah daerah. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional