Close

Rebutan Lahan Tak Bersertifikat Berujung Maut di Pessel, Pelaku Penembakan Senapan Angin Sembunyi di Kebun Sawit

PENEMBAK DITANGKAP— Pelaku H (47) yang menembak korban menggunakan senapan angin hingga meninggal dunia, ditangkap jajaran Polres Pessel bersama Polsek Pancung Soal.

PESSEL, METRO–Sempat buron, pelaku pe­nembakan yang  terjadi di lahan perkebunan Ray 9, Ke­nagarian Tluk Ampalu Indera­p­ura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) gegara rebutan kepemilikan tanah dan menewaskan seorang petani pada Minggu (29/5) lalu, akhirnya ditangkap.

Pelaku berinisial H (47) ditangkap Tim Opsnal Ma­can Kumbang Polres Pesi­sir Selatan bersama Unit Reskrim Polsek Pancung Soal di tempat persem­bunyiannya di dperkebu­nan sawit masyarakat, Jo­rong Koto Sungai Kunyit Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Jumat (10/6).

Kapolres Pesisir Se­latan AKBP Sri Wibowo melalui Kasubsi Penmas Sihumas Aiptu Doni San­toso me­ngatakan, pelaku ditangkap karena melaku­kan peng­aniayaan yang menye­bab­kan korban me­ninggal du­nia dengan meng­gunakan senapan angin.

“Pelaku penembakan dengan menggunakan se­na­pan angin. Pelaku H me­ngakui barang bukti sena­pan angin yang digunakan untuk menembak korban, sudah dibuang di Sungai Jem­batan kuning area per­ke­bunan PT Incasi Raya,” ujarnya, Minggu (12/6).

Menurut Aiptu Doni, saat penangkapan yang dilakukan oleh Polres Pesi­sir Selatan, juga dibantu oleh Polres Solok Selatan.  Kini, pelaku H telah dia­mankan di Mapolsek Pan­cung Soal dan akan dilaku­kan penyidikan lebih lanjut.

“Pascakejadian itu, Tim Polres Pessel dan Polsek Pancung Soal beruapa me­lacak keberadaan pelaku. Hampir dua minggu mela­kukan pengejaran, pelaku H pun berhasil ditangkap saat bersembunyi di per­ke­bu­nan sawit,” ungkapnya.

Sebelumnya, dipicu per­soalan saling rebutan tanah, seorang pria paruh baya ditembak dengan se­n­a­pan angin hingga akhir­nya meninggal dunia. Perti­kaian berdarah itu terjadi di lahan perkebunan Ray 9, Kenagarian Tluk Ampalu Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (29/5) sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelum meninggal, korban bernama Danel (52) yang mengalami luka tem­bak di bagian dada, sempat dirujuk dari rumah sakit di Kabupaten Pessel ke RSUP M Djamil Padang untuk menjalani operasi peng­angkatan peluru. Sayang­nya, nyawa korban tak dapat diselamatkan dan di­nyatakan meninggal dunia.

Kabar meninggalnya kor­ban Danel, diposting oleh salah satu akun Face­book bernama Group Baso Nop­hu­­go. Dalam posti­ngan, dis­e­butkan korban penem­ba­kan Danel sebe­lumnya dil­a­rikan ke rumah sakit di Pa­dang, Minggu (29/5) akibat luka di bagian dada, akhirnya korban me­ninggal dunia, Senin (30/5) pukul 13.30 WIB.

Sementara, pelaku usai melakukan penembakan berhasil melarikan diri meski sempat dikejar oleh warga yang berada di loka­si kejadian. Hingga kini, jajaran Polres Pessel ber­sama Polsek Pancung Soal masih terus memburu pe­laku yang identitasnya sudah diketahui. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top