Menu

Realisasi RPJMD harus jadi Perhatian OPD, Fokus pada Program Empat Pilar Pembangunan Daerah

  Dibaca : 106 kali
Realisasi RPJMD harus jadi Perhatian OPD, Fokus pada Program Empat Pilar Pembangunan Daerah
MUSRENBANG RKPD— Bupati Solok Gusmal membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Solok tahun 2021, beberapa waktu lalu.

SOLOK, METRO
Program empat pilar pembangunan daerah Kabupaten Solok yang menjadi fokus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), hendaknya menjadi perhatian serius bagi OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Solok. Apalagi program tersebut sudah berjalan di penghujung masa pemerintahan Gusmal bersama Yulfadri Nurdin memimpin Kabupaten Solok.

Memang diharapkan Gusmal, setiap kegiatan yang akan ditelurkan di masing-masing OPD yang ada dilingkungan Pemkab Kabupaten Solok bertumpu pada konsep Empat Pilar Pembangunan. Sehingga dipenghujung masa pemerintahannya, Gusmal kembali menegaskan agar setiap OPD lebih serius mewujudkan apa yang telah digariskan.

“Evaluasi tetap dilakukan. Dan program empat pilar pembangunan tetap menjadi perhatian sehingga hasilnya akan dapat dirasakan sampai masa jabatan saya habis,” ujar Gusmal.

Salah satunya Bupati Solok, Gusmal mengatakan, dalam upaya mewujudkan Pilar Pendidikan, Pemerintah berupaya menggenjot partisipasi masyarakat pada semua jenjang pendidikan. Termasuk memberlakukan pemeretaan dan peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri.

Begitu juga dibidang Kesehatan, Pemkab Solok kedepan akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menggencarkan sosialiasi pembudayaan hidup bersih dan lingkungan sehat.

Sementara menyoal sektor ekonomi kerakyatan, selain meransang dan memberikan peluang terhadap pelaku UMKM, dalam kurun waktu pemerintahannya, Pemkab juga memfokuskan pengembangan pembangunan pariwisata. Namun, lanjutnya, paling utama dalam hal ini adalah mewujudkan penguatan kedaulatan pangan. Terlebih Kabupaten ini dikenal dengan lumbung beras ternama. Termasuk meningkatkan infrastruktur perluasan akses ekonomi yang nantinya diharapkan mampu menekan angka kemiskinan dan pengangguran.

Sementara itu, di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan bersih, selain meningkatkan layanan publik, Pemkab Solok juga akan melakukan reformasi birokrasi dalam balutan karakter berlandaskan filosofi ABS-SBK.

Gusmal juga menekankan, mewujudkan masyarakat Kabupaten Solok yang maju dan mandiri menuju kehidupan masyarakat madani dalam nuansa Adat Basandi Syara’-Syara’ Basandi Kitabullah (ABS-SBK) tidak semudah membalik telapank tangan. Dengan kata lain, semua dapat diwujudkan, jika kehidupan masyarakat terutama dalam urusan ekonomi sudah membaik. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional