Menu

Realisasi KUR BRI Pariaman 111,89 Persen

  Dibaca : 702 kali
Realisasi KUR BRI Pariaman 111,89 Persen
Manager Pemasaran Kantor Cabang BRI Kota Pariaman, Ridho Eka Putra

PARIAMAN, METRO
Realisasi untuk dua jenis kredit usaha rakyat (KUR) di Kantor Cabang BRI Kota Pariaman telah mencapai Rp 259,9 miliar atau 111,89 persen dari target yang ditetapkan untuk 2020 yaitu Rp 232,3 miliar.

Manager Pemasaran Kantor Cabang BRI Kota Pariaman, Ridho Eka Putra mengatakan, di saat kredit komersial agak ‘hold’ (ditahan) karena pandemi Covid-19, maka KUR justru menjadi ‘backbone’ (tulang punggung) dari kredit BRI.

Ia mengatakan, pada saat pandemi Covid-19, apalagi Kota Pariaman masuk ke dalam zona merah, maka BRI lebih selektif menyalurkan kredit komersial. Namun BRI tetap mengutamakan penyaluran kredit untuk usaha yang bergerak di bidang kesehatan dan pangan.

Berbeda diterapkan pada KUR terangnya Ridho, yang mana seluruh sektor baik usaha yang terdampak Covid-19 maupun tidak, mendapatkan pinjaman rendah bunga dari bank tersebut. “Biasanya KUR mendapatkan porsi 40 persen namun sekarang porsinya menjadi 60 persen,” katanya.

Ia menjelaskan, peningkatan penyaluran pinjaman untuk KUR tersebut juga ada hubungannya dengan adanya jaminan pemerintah. Ada dua jenis KUR yang dikucurkan BRI di Pariaman yaitu KUR ritel dengan jumlah maksimal pinjaman Rp 500 juta yang pengurusannya di kantor cabang dan KUR mikro dengan jumlah maksimal pinjaman Rp50 juta yang pengurusannya di kantor unit.

Ridho mengungkapkan, realisasi KUR ritel hingga saat ini mencapai Rp 53,3 miliar dari target yang ditetapkan yaitu Rp 55 miliar. Sedangkan realisasi KUR mikro mencapai Rp 206,6 miliar dari target yaitu Rp 170,miliar. “Sedangkan tunggakkan dari KUR tersebut mencapai 0,28 persen yang terdiri dari Rp 40 juta dari ritel dan Rp 694 juta dari mikro,” sebutnya.

Ia menyampaikan, setelah pandemi Covid-19, BRI akan menawarkan produk Kredit Modal Kerja kepada nasabah dengan bunganya 9,5 persen. “Bunga ini jauh lebih rendah dari kredit komersial yang mencapai sekitar 12 hingga 15 persen,” pungkasnya. (z)

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional