Menu

Rawan Tumbang, Pemkab Agam Pangkas Pohon Pelindung

  Dibaca : 282 kali
Rawan Tumbang, Pemkab Agam Pangkas Pohon Pelindung
Foto ilustrasi. Petugas PPSU berlatih memotong pohon pelindung. (joko/ via poskotanews)

AGAM, METRO – Pemangkasan pohon pelindung yang dilakukan jajaran Pemkab Agam beberapa waktu belakagan di berbagai kawasan, sebagai langkah antisipasi dampak ancaman bencana yang berpotensi dialami masyarakat.

Pasalnya, banyak pohon pelindung yang berusia tua dan banyak yang lapuk saat ini, bahkan kerap mengancam aktivitas masyarakat. Apalagi jika cuaca buruk angina kencang disertai hujan lebat. Bahkan, banyak rumah warga dan bahkan korban berjatuhan akibat pohon tumbang.

Asisten I Sekab Agam, Rahman S mengatakan, antisipasi dampak bencana menjadi langkah prioritas yang dilakukan Pemkab Agam saat ini, menyikapi banyaknya kejadian di berbagai wilayah di kabupaten Agam, termasuk di Lubukbasung yang disebabkan pohon tumbang karena lapuk diterpa angin kencang.

“Pemangkasan dan penataan pohon pelindung berukuran besar dan sudah tua tersebut, tidak hanya secara spesifik dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Agam yang mengelola pertamanan di Kabupaten Agam, tapi juga jajaran BPBD, Satpol PP-Damkar Agam serta jajaran pemerintah kecamatan. Program ini kita himbau dilakukan bersama, sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman bahaya yang berpotensi dialami masyarakat,” ulas Rahman, Minggu (29/9).

Bahkan, beberapa waktu belakangan BPBD Agam dibantu personil Satpol PP-Damkar Agam aktif melakukan pemotongan dahan kayu besar yang sudah lapuk di berbagai kawasan, karena di mayoritas wilayah Kabupaten Agam, potensi pohon tumbang sangat tinggi, apalagi jika cuaca buruk akibat hujan lebat dan angin kencang.

“Masyarakat juga diminta berperan, dengan menginformasikan pada aparat terkait untuk antisipasi ancaman pohon tumbang,” ulasnya.

Langkah serupa dilakukan Pemkab Agam, Sabtu-Minggu ini, dengan menebang dan menata pohon besar yang berada di sekeliling kantor Bupati Agam, karena keberadaannya dikhawatirkan akan mengancam keselamatan masyarakat yang banyak beraktivitas di wilayah itu. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional