Menu

Rawan Abrasi Pantai, Sembilan KK masih Tempati Kampung Painan

  Dibaca : 150 kali
Rawan Abrasi Pantai, Sembilan KK masih Tempati Kampung Painan
RAWAN ABRASI— Seorang tokoh masyarakat melakukan peninjauan ke lokasi abrasi pantai.

PESSEL, METRO
Sekitar 9 kepala keluarga ( KK), berada di Kampung Muaro Painan Selatan, Nagari Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Kondisi mereka cukup rawan karena terkena dampak abrasi pantai. Bangunan rumah mereka berhadapan dengan pantai.

Pantuan POSMETRO di lokasi Kampung Muaro Painan Selatan, terlihat beberapa karung pasir ditumpuk di pinggir pantai, dimana terdapat bangunan warga yang cukup rawan terjadi abrasi Pantai Muaro Painan.

Wali Nagari Painan Selatan Martodi kepada POSMETRO menuturkan bahwa jauh-jauh hari sosialiasi dan imbuan telah disampaikan pada warganya agar tidak mendirikan bangunan di sepanjang muaro Pantai Carocok Painan Selatan.

”Ya, dengan berbagai alasan. Mereka tetap mendirikan bangunan mereka,” katanya.

Dijelaskan Martodi, pihak nagari telah melakukan upaya pencegahan abrasi pantai dengan memasang kantong-kantong pasir di sepanjang lokasi muaro Painan Selatan dimana terdapat 9 KK tinggal disana. Ke-9 KK saat ini telah dilakukan pendataan untuk direlokasi ke lokasi lebih aman.

Bahkan, pihaknya juga telah menghibahkan tanah nagari ada di kampung Kampung Sungai Nipah untuk dijadikan lokasi pembangunan rumah.

“Ada 50 unit rumah akan dibangun oleh Pemkab melalui Dinas Perkimtan Pessel,” ungkap Wali Nagari Painan Selatan, Martodi. Ia pun berharap dengan ada perumahan bagi warganya itu yang aman dari abrasi pantai, dan warganya bisa aman dari abrasi pantai. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional