Menu

Ratusan Warga Padang Laweh Goro Jalan

  Dibaca : 178 kali
Ratusan Warga Padang Laweh Goro Jalan
DISKUSI—Wabup Tanahdatar Zuldafri Darma berdiskusi dengan warga Padang Laweh jelang goro.

TANAHDATAR, METRO
Ratusan masyarakat Nagari Padang Laweh turun ke jalan untuk Gotong Royong (Goro) membersihkan bahu dan selokan jalan yang menghubungkan dengan Jorong Luak Gadang Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Senin (20/7). Wali Nagari Padang Laweh Maimun menyampaikan, kegiatan goro di Nagari Ladang Laweh sudah menjadi tradisi dan dilaksanakan secara rutin.

“Alhamdulillah, goro di nagari kami sampai saat ini masih lestari dan terjaga, animo masyarakat tetap tinggi terbukti ada sekitar 600 warga yang hadir, itu karena kita semua tahu apa yang kita kerjakan bersama memang untuk kemaslahatan bersama,” ujar Maimun.

 Maimun tambahkan goro di masing-masing jorong dilaksananakan satu kali lima hari dan di tingkat nagari biasanya dilaksanakan minimal satu kali dua bulan. “Goro dilaksanakan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan ikut berpartisipasi merawat hasil pembangunan,” ujar Maimun.

Hal senada disampaikan Kepala Jorong Guguak Baruah Nagari Padang Laweh Zulfitri menyebutkan, semangat masyarakat di Nagari Padang Laweh untuk goro sangat tinggi dan luar biasa. “Di daerah kami ini, goro sudah menjadi kegiatan rutin, paling tidak dilaksanakan satu kali dua minggu, lokasi ditentukan atas kesepakatan bersama,” ujar Zulfitri.

Kata Zulfitri, kegiatan goro sengaja dilakukan selain hari sabtu dan minggu. “Masyarakat kami mempunyai kebiasaan beragam, misalnya di hari Sabtu banyak yang hobi pacu jawi, di hari minggu untuk berburu, maka kita sepakati dilaksanakan di hari senin atau hari lain, dan itupun selepas masyarakat menyiapkan pakan ternaknya dulu di pagi hari dan selesai sebelum sholat Zuhur, karena para warga biasanya akan lanjutkan aktivitas berladang dan bertani lagi,” ujar Zulfitri.

Wabup Zuldafri Darma yang hadir mengapresiasi masyarakat Nagari Padang Laweh yang bersemangat melakukan Goro. “Kehadiran warga mencapai 600 orang membuktikan bahwa Goro masih lestari dan menjadi tradisi di nagari ini, tentunya itu harus diberikan apresiasi dan menjadi contoh daerah lain,” ujar Wabup.

Seperti yang sering disampaikan, tambah Zuldafri Darma, kegiatan Goro suatu kegiatan dengan banyak manfaat yang harus kita galakkan kembali di tengah masyarakat. “Dalam goro terjadi interaksi, komunikasi dan silaturahmi antar sesama, bahkan kegiatan ini juga secara langsung bisa membantu pelaksanaan pembangunan di nagari. Karenanya kami sangat mendukung kegiatan ini terlaksana di tengah masyarakat kita,” ujarnya. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional