Close

Ratusan Warga Ka­bupaten Padang Pariaman Hadiri Germas

PDG. PARIAMAN, METRO–Ratusan warga di Kacamatan Ulakan Tapakis Ka­bupaten Padang Pariaman menghadiri sosialisasi Ge­rakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk pe­nurunan stunting bersama Dinas Kesehatan dan Ade Rezki Pratama Anggota DPR RI, Senin (17/10).

Agenda tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas penduduk, menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan dan meningkatkan perilaku hi­dup sehat masyarakat.

Anggota Komisi IX DPR-RI, Ade Rezki Pratama me­ngatakan, bahwa pena­nganan stunting, selain dengan pola Germas dari masyarakat namun juga harus ada Intervensi dari Pemerintah Pusat maupun daerah.  “Jadi dengan begitu kasus stunting tidak terlalu merebak dan angkanya tidak makin mem­besar, selain itu, semua stakeholder yang ada juga perlu melakukan pencegahan,” ujarnya.

Menurut Ade, untuk mencegah kasus stunting tidak merebak dan angka­nya tidak makin membesar, perlu Intervensi dari Pemerintah Pusat maupun Daerah.  “Stunting menjadi wacana Nasional yang sudah dituangkan dalam Peraturan Presiden (PERPRES) bahwasanya Stunting adalah salah satu prioritas pemerintah pusat dan daerah untuk antisipasi agar tidak terlalu merebak dan angkanya makin membesar,” ungkap Ade.

Politisi Partai Gerindra itu juga menambahkan, selain Pemerintah Pusat dan Daerah, seluruh Stakeholder dan masyarakat perlu bahu membahu untuk dapat mempercepat antisipasi Stunting.  Ade juga menyebutkan, ia telah meminta Intervensi dari Kementerian Kesehatan untuk membangun ber­bagai hal dalam penanganan stunting. (ozi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top