Menu

Ratusan Warga Binaan Lapas Narkoba Sa­wah­­lunto Divaksin Massal

  Dibaca : 90 kali
Ratusan Warga Binaan Lapas Narkoba Sa­wah­­lunto Divaksin Massal
TINJAU—Kapolres Sawahlunto Ricardo Condrat Yusuf dan Kalapas Narkoba Sawahlunto Nasir langsung meninjau warga binaan yang akan divaksin.

SAWAHLUNTO, METRO–Lapas Narkoba Sa­wah­­lunto menggelar vak­si­nasi massal, vaksinasi satu/dosis satu (D 1) untuk 335 warga binaannya, Rabu (1/9). Vaksinasi ini terselenggara karena be­kerjasama dengan jajaran Polres Sawahlunto sebagai penyedia vaksin. Kemudian  dibantu de­ngan tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Sungai Durian serta Pus­kesmas Kolok Mudik untuk pelaksanaan penyuntikan vaksin.

Jajaran Polres Sawahlunto sebagai penyedia dosis vaksin bersedia mem­buka gerai di Lapas Narkoba karena selain masih memiliki 314 dosis vaksin dan ada dosis vak­sin baru yang datang de­ngan jumlah 900 dosis. Keterangan ingin dibenarkan Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf SIK SH MH dalam wawancara dengan media depan Kantor Lapas Narkoba Sawahlunto.

“Benar kami membuka gerai vaksinasi jenis Sinovac untuk Lapas Narkoba Sawahlunto, karena memang warga binaan Lapas Narkoba Sawahlunto  belum ada satupun yang divaksin. Dan untuk pelaksanaan kami meminta bantuan dari Nakes kepada Dinas Kesehatan Sa­wahlunto. Nanti ke depannya vaksinasi kedua/dosis dua (D 2) pihak kami bersedia membuka gerai lagi di Lapas Narkoba Sawah­lunto 14 hari ke depan,” ungkap kapolres.

Dia juga mengungkapkan, bahwa pihak Polri dalam hal ini Polres Sa­wahlunto konsisten untuk menangani Covid -19, sa­lah satunya adalah de­ngan membuka gerai vaksinasi massal. Nantinya, juga akan menyasar kepada masyarakat yang ma­sih belum divaksin. Vaksinasi diberikan secara gra­tis tanpa dipungut biaya. Kapolres juga mengingatkan, warga Sawahlunto, meski sudah divaksinasi belum tentu aman dari virus Covid 19, tetap pakai masker, cuci tangan dan patuhi prokes yang berlaku, agar memutus pe­nyebaran Covid -19.

Kepala Lapas Narkoba Nasir menyebutkan, jajaranya sudah dua kali menghubungi Dinas Kesehatan Sawahlunto untuk memberikan vaksinasi massal kepada warga binaannya. Tetapi dikarenakan ketersediaan vaksin yang terbatas akhirnya keinginan pihak Lapas Narkoba Sawahlunto ha­rus tertunda.

“Namun setelah berkoordinasi dengan Polres Sawahlunto kami mendapatkan jawaban. Seba­nyak 335 warga binaan kami akhirnya bisa divaksin hari ini, dan kami sungguh sangat bersyu­kur atas dibukanya gerai Polres Sawahlunto di Lapas Narkoba Sawahlunto, juga atas bantuan dari berbagai pihak yaitu dari Tenaga Kesehatan Bara­ngin sebanyak 30 orang, TNI dan Satpol PP dalam membatu kami memperlancar proses vaksinasi dosis 1, mengingat banyaknya warga binaan ka­mi,” kata Nasir.

Kalapas berharap, a­gar dalam vaksinasi warga binaannya yang mencapai ratusan ini, tidak ada yang terkena Covid 19. “Memang selama ini juga warga binaan kami aman dari Covid 19, namun deng­an ditambahnya vaksinasi lebih menguatkan imun tubuh dan menghindarkan warga binaan kami dari virus Covid 19. Untuk petugas Lapas sendiri yang berjumlah 59 orang sudah selesai divaksinasi,” kata Nasir. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional