Close

Ratusan Tukang Bangunan di Sijunjung, Ikuti Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi

PELATIHAN TUKANG— Perwakilan tukang bangunan tampil dalam pembukaan acara pembekalan.

SIJUNJUNG, METRO–Para pekerja buruh konstruksi di Kabupaten Sijunjung dibekali pelatihan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja. Kegiatan yang difasilitasi Anggota DPR-RI Athari Gauthi Ardi itu be­kerjasama dengan Ke­men­terian PUPR melalui Dirjen Bina Konstruksi dan Balai Jasa Wilayah I Banda Aceh.

Pembekalan dan Fasi­litasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi tersebut diikuti le­bih kurang 200 orang pekerja konstruksi yang ada di Sijunjung. Bertempat di Gedung Pancasila, Muaro Sijunjung. Rabu (26/10).

Sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi itu merupakan salah satu instrumen dalam pemba­ngunan, serta memiliki peran strategis dalam memberi kontribusi pada sektor pembangunan nasional dan daerah.

Anggota Komisi V DPR-RI Athari mengatakan, sertifikasi uji kompetensi merupakan suatu penga­kuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

“Sertifikasi kompetensi memastikan bahwa tenaga kerja memiliki kredibilitasnya, terutama dalam me­laksanakan pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sesuai de­ngan kompetensi yang dimiliki,” tuturnya.

Sertifikasi ini ditujukan untuk memenuhi pekerja konstruksi bangunan yang bersertifikat serta terampil di bidangnya. “Kita bekerjasama dan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR melalui Dirjen Bina Konstruksi dan Balai Jasa Wilayah I Banda Aceh. Output dari kegiatan ini juga memudahkan pe­ngu­saha konstruksi dalam men­cari pekerja yang terjamin serta kompeten,” terangnya.

Pemkab Sijunjung me­lalui Sekretaris Daerah Dr.Zefnihan AP,M.Si me­ngatakan, Sijunjung menargetkan untuk mencetak sebanyak 500 orang pekerja konstruksi bersertifikasi atau memiliki legalitas kompetensi.

“Kegiatan ini sejalan dengan program Pemkab Sijunjung yang menargetkan sebanyak 500 orang pekerja konstruksi yang bersertifikasi. Kita sangat apresiasi  digelarnya ke­giatan ini, karena kita di Sijunjung sangat membutuhkan dukungan program pembangunan, termasuk dari DPR RI,” sebut Sekda Sijunjung.

Sekda berharap, melalui kegiatan pelatihan ter­sebut diharapkan nantinya akan melahirkan para pekerja jasa konstruksi yang handal, memiliki sertifikasi di bidangnya sesuai a­manat Undang undang nomor 2 tahun 2017 tentang jasa Konstruksi.

Kepala Balai Jasa Wila­yah I Banda Aceh Indra Suhada, ST,MT  mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan merupakan pokok pikiran dari anggota komisi V DPR-RI Athari Gauthi Ardi.

“Dengan ini nantinya tenaga kerja memiliki kompeten di bidang jasa konstruksi guna mendukung proses pelaksanaan infrastruktur di Indonesia secara umum dan Kabupaten Sijunjung khususnya,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Direktur Kompetensi dan Produktifitas Konstruksi Kementerian PUPR Dr.Natrifahrizal  Dedisky Nazaroe­din,­SE,M.Si (secara virtual), anggota DPRD Provinsi Sumbar Daswanto SE, Kadis PUPR Sijunjung, kepala OPD terkait serta Tamu undangan. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top