Menu

Ratusan Ribu Lulusan SLTA Serbu PTN

  Dibaca : 497 kali
Ratusan Ribu Lulusan SLTA Serbu PTN
MAHSISWI— Sesudut pemandangan mahasiswi tengah berjalan di Kampus IAIN Batusangkar Tanahdatar. ( c antoni/posmetro)

TANAHDATAR, METRO – Setiap tahun, ratusan ribu lulusan SMA/MA/SMK dan Pondok Pansantren (Ponpes) berjuang keras memperebutkan puluhan ribu kursi perguruan tinggi negeri (PTN), baik perguruan tinggi Keagamaan atau di bawah naungan Dikti, di seluruh penjuru Indonesia. Perjuangan, bahkan telah dimulai sejak kelas X atau XI demi mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi Ujian Nasional yang bertekad melanjutkan pendidikan.

Tapi masih belum menentukan pergurun tinggi atau universitas mana yang akan dituju, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, bisa dijadikan sebagai pilihan untuk melanjutkan studi diperguruan tinggi negeri, yang di bawah naungan Kemenag.

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) IAIN Batusangkar sendiri berada di bawah tanggung jawab Kemenag. Ada tiga jenis perguruan tinggi yang termasuk ke dalam kategori ini, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Setidaknya ada 58 PTKIN yang tersebar di Indonesia saat ini, meliputi 17 UIN, 34 IAIN, dan 7 STAIN. Lalu, mana yang terbaik?

Dari 58 PTKIN di Indonesia, IAIN Batusangkar bisa menjadi pilihan yang tepat memiliki sejumlah alasan yang bisa akan membuat kamu tertarik untuk mendaftar dan melanjutkan studi untuk masa akan datang.

IAIN Batusangkar secara geografis termasuk dalam wilayah Sumbar, menjadi alasan lain kenapa siswa-siswi dari seluruh Indonesia memilih untuk berkuliah di IAIN Batusangkar. Kawasan daerah yang masih asri, nyaman elok, yang berbudaya dan juga di dambakan lagi biaya hidup yang terjangkau dari kalangan manapun.

Rektor IAIN Batusangkar, Dr H Kasmuri, MA menargetkan, jumlah penerimaan mahasiswa baru yang lulus dari tiga jalur seleksi tahun 2019, dari tarket ini IAIN Batusangkar siap memanjakan mahasiswa nanti yang akan mengenyam pendidikan di IAIN Batusangkar. Di antaranya dengan fasilitas kampus yang lengkap dan menunjang, seperti Beasiswa, fasilitas-fasilitas perkulihan, labor-labor yang akan menujang pendidikan di IAIN Batusangkar nantinya.

Di samping fasilitas yang menghuni, IAIN Batusangkar dari tiga PTKIN yang ada di Sumbar, IAIN Batusangkar salah satu PTKIN yang mengatongi Akreditasi Program Studi/Jurusan terbanyak di Sumbar, tidak tanggung-tangung 7 Akreditasi A yang di peroleh IAIN Batusangkar saat ini, ucap Kasmuri. Saat ini IAIN Batusangkar membuka peluang besar kepada ratusan ribu lulusan SMA/MA/SMK dan Pondok Pansantren yang akan masuk ke IAIN Batusangkar, dengan melalui Jalur Mandiri. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional