Close

Ratusan PNS Pensiun Setiap Tahun, Pemkab Limapuluh Kota Usulkan Penambahan 1000 PNS

FOTO BERSAMA— Bupati Limapuluh Kota Safaruddin berfoto bersama ASN dan PPPK usai menyerahkan SK.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota hingga saat ini masih membutuhkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 1000 orang untuk di­tempatkan diberbagai SKPD yang ada di daerah itu. Kebutuhan PNS menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Sum­berdaya Manusia (BKPSDM), Aneta Budi akan diusulkan dalam Formasi CPNS pada tahun 2022 ini.

Selain karena banyaknya guru yang akan pensiun pada tahun ini, kebutuhan PNS mencapai 1000 orang itu biasanya tidak selalu dipenuhi sesuai formasi yang diajukan. Sebagai contoh, tambahan PNS yang didapat pada formasi tahun 2021 hanya mencapai 675 orang, jumlah itu termasuk Pegawai Pemerintah De­ngan Perjanjian Kerja (P3K).

“Kebutuhan PNS kita ma­sih kurang sekitar 1000 orang untuk ditempatkan di berbagai SKPD dari jumlah itu kebutuhan paling dominan adalah PNS guru, sebab tahun ini jumlah guru yang akan pensiun mencapai angka 309 orang,” sebut Aneta Budi baru-baru ini.

Budi juga menambahkan, penambahan PNS formasi tahun 2021 yang penyerahan SK nya baru beberapa hari dilakukan di halaman kantor Bupati di Kawasan Bukik Li­mau itu bersamaan dengan penyerahan SK Pegawai P3K khusus guru.

”Penambahan PNS dan Pegawai P3K Guru pada formasi tahun 2021 mencapai 675 orang. Sementara juga pegawai yang ada saat ini mencapai 6.641 o­rang kita masih butuh sekitar 1000 orang lagi dan terus kita ajukan tiap tahun selama 5 tahun kedepan,” sebutnya men­jawab wartawan.

Biasanya menurut Budi jumlah formasi 1000 orang PNS yang diajukan tidak selalu dipenuhi sebanyak itu oleh Kementerian Pendayagu­na­an Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) sehingga Pengajuan akan terus dilakukan tiap tahun. “1000 orang PNS yang kita butuhkan itu untuk lima tahun kedepan, sebab tiap tahun jumlah yang dipenuhi/dikabulkan tidak sa­ma de­ngan yang kita ajukan,” sebutnya.

Untuk saat uni guna memenuhi kebutuhan tenaga pegawai yang kurang, Peme­rintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui SKPD masing-masing dan sekolah diisi oleh tenaga harian lepas dan guru honorer. “Untuk melengkapi kebutuhan pegawai kita di masing-masing SKPD aga pegawai THL dan guru honorer,” ucap Budi.

Menanggapi banyaknya PNS terutama guru yang pensiun setiap tahunnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lima Puluh Kota, Indrawati, membenarkan, bahkan setiap bulan ada puluhan guru yang pensiun. “Memang banyak guru gang pensiun setiap bulan. Dan pada tahun 2024 nanti akan lebih banyak lagi, karena pengangkatan glodo dulu, pensiun tahun 2024, mendatang,” ucapnya.

Dikatakan Indrawati, untuk memenuhi kebutuhan guru, maka masing-masing sekolah mengangkat guru honorer. ”Jadi saat ini sekolah mengangkat guru honorer. Dan memang ada guru PPPK yang tes tahun 2021 sudah terima SK,” ucapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top