Close

Ratusan Pelaku IRTP Dibekali Pelatihan di Kabupaten Pasaman 

GELAR PELATIHAN— Dinas Kesehatan Pemkab Pasaman saat menggelar pelatihan keamanan dan mutu pangan.

pasaman,metro–Sebanyak 230 pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) yang berasal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pasaman  mengikuti pelatihan keamanan dan mutu pangan.

”Saat ini kegiatan pelatihan mutu dan pangan diadakan oleh Dinas Kesehatan Pasaman beker­jasama dengan BPOM Provinsi Sumatera Barat dan diikuti seba­nyak 38 peserta IRTP se Pasaman berasal dari UMKM,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) Dinas Kese­hatan Pasaman, Ucok Risno.

Tujuan kegiatan pelatihan, untuk meningkatkan pengetahuan masya­rakat dengan berusaha IRTP, serta peralatan layak digunakan dan ba­han-bahan juga harus hegenis, bersih, tidak membahayakan kon­sumen.

Ia menuturkan total keselu­ruhan pelaku IRTP yang terdata 359 berasal dari UMKM dan yang telah mengikuti pelatihan baeru men­capai 230 UMKM, untuk sisanya 58 UMKM lagi akan mengikuti pela­tihan di tahun 2022.

Nantinya para peserta yang telah mengikuti pelatihan akan mendapatkan sertifikat sebagai salah satu pengurusan izin IRTP di Dinas Penanaman Modal dan Pela­yanan Terpadu Satu Pintu.

”Dengan adanya pelatihan ter­se­but diharapkan kepada pelaku IRTP di Pasaman bisa meningkatkan hasil, mutu dan kualitas produk,” harapnya.

Sementara Tenaga Ahli Madya Balai Besar POM Padang, Antoni Asdi mengatakan pelatihan IRTP diadakan yakni bagaimana cara memberlakukan pangan yang baik, memperbaiki mutu, apa saja bahan yang dibolehkan dan tidak dibo­lehkan dimasukkan ke pangan.

Selanjutnya bagaimana mereka menjaga sanitasi dan hygiene pro­duk termasuk lebel produk supaya benar.

Ia menambahkan maka bila pangan sudah baik dan cara produk­sinya sudah paham maka diberikan peserta IRTP diberikan sertifikat pelatihan kemanan dan pangan secara pribadi.

Artinya pelatihan ini juga untuk meningkatkan ekonomi UMKM di Pasaman setelah nanti mendapat­kan sertifikat dan untuk bagi ma­sya­rakat juga menjadi aman, layak bila konsumsi pangan milik UMKM tersebut. (mir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top