Close

Ratusan Pelajar Pasbar Berlaga di Cerdas Quran Padang TV, Hamsuardi: Ciptakan Generasi Akhlakul Karimah

WAWANCARA— Bupati Pasaman Barat Hamsuardi saat diwawancarai media dalam kegiatan Cerdas Quran Padang TV.

PASBAR, METRO–Lantunan ayat suci Al Quran yang menggema di Aula Kantor Bupati Pasaman Barat (Pasbar)  membuat ratusan pengunjung, guru dan insan pendidikan se Kabupaten Pasbar terdiam.  Bahkan di antara mereka banyak yang me­nitipkan air mata. Tidak terkecuali Bupati Pasbar, Hamsuardi yang hadir da­lam pembukaan Cerdas Quran  tingkat SD DAN SMP se Kabupaten Pasbar, Senin (21/2).

Hamsuardi tidak kuasa membendung air mata yang sesekali dia hapus dengan sapu tangannya. “Saya sangat jarang me­nangis dalam momen sambutan apapun. Tapi kali ini rasa haru tidak kuasa saya sembunyikan. Anak-anak yang tampil dalam program Cerdas Quran Pa­dang TV ini, membuat sa­ya bangga. Karena begitu besar potensi generasi penghafal Quran  di dae­rah kita ini,” terang Hamsuardi.

Hamsuardi menekankan, membangun generasi yang Akhlakul Kharimah sangat sulit. Butuh waktu dan keseriusan yang berkelanjutan.

Ia membandingkan sulitnya membangun SDM Cinta Al Quran ketimbang membangun infrastruktur.

“Membangun insfrastruktur berapapun luas dan besarnya, jika ada uang hanya hitungan bulan bisa selesai. Tapi membangun generasi yang cinta Quran butuh keseriusan, tekad kuat dan berkelanjutan. Sebagai wujudnya kita su­dah menjadikan program Cinta Quran dalam RPJMD Kabupaten Pasbar,” tegas bupati yang biasa dipanggil Buya ini.

Hamsuardi menegaskan pembiasaan baca Quran setiap hari di sekolah, Magrib Mengaji dan program unggulan ektraku­rikuler hafizd, akan konsisten dilakukan selama masa kepemimpinannya. Bahkan, program ini telah men­jadi program unggulan Pasbar dalam RPJMD.

Menciptakan generasi yang qurani adalah misi besar Kabupaten Pasbar. Terutama menciptakan sum­berdaya manusia di masa datang. Semua elemen pendidikan dan ma­syarakat Pasbar nantinya didorong  dan bergerak secara bersama melahirkan para penghafal Quran.

“Pendidikan Al Quran yang dilaksanakan secara konsisten dan terukur, nan­tinya mampu jadikan daerah ini terus melahirkan hafizd, qori dan qoriah.  Sedangkan ajang Cerdas Quran  tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pasbar yang digelar kali ini, tentunya selaras dengan program Iman Taqwa (IMTAQ) yang telah kita tuangkan dalam RPJMD daerah,” tegas Ham­suardi.

“Keberhasilan suatu daerah tidak saja dilihat dari banyaknya  pemba­ngunan infrastruktur yang dibangun   Tetapi seberapa besar lahirnya SDM berkualitas, khususnya SDM yang cinta Al Quran,” tutupnya.

Iven Cerdas Quran, kerjasama Padang TV de­ngan Dinas Pendidikan Pasbsr tersebut akan digelar hingga lima hari ke depan. Finalis terbaik nan­tinya juga akan diikutsertakan dalam program yang sama pada tingkat Provinsi Sumbar memperebutkan piala Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah.

Sementara itu, Direktur Padang TV, Rita Gusveniza memaparkan bahwa program Cerdas Quran merupakan upaya mencarikan ruang kepada siswa-siswi untuk tampil dan memecah kebuntuan mereka belajar selama pandemi Covid-19.

“Saat ini sangat massif gerakan Hafizd Quran di Sumatera Barat. Jadi kewajiban bagi kita bersama menjaga semangat mereka untuk terus membumikan Al Quran di negeri kita ini,” terang Rita.

Pada pembukaan Cerdas Quran tersebut terlihat siswa-siswi, orang tua, guru dan kepala sekolah mengikuti setiap babak pertandingan dengan antusias. Bupati Pasbar secara spontan juga mengapresiasi sejumlah peserta dengan bonus spontan yang langsung diserahkan kepada peserta yang tam­pil. (fan)

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top