Menu

Ratusan Mahasiswa Unbrah Gelar USR, Diharapkan Bisa Mengubah Pola Pikir Masyarakat

  Dibaca : 228 kali
Ratusan Mahasiswa Unbrah Gelar USR, Diharapkan Bisa Mengubah Pola Pikir Masyarakat
Bupati Solok Gusmal menerima cendera mata dari pimpinan Unbrah Padang.

Nagari Jawi-Jawi Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok dikunjungi sebanyak 695 mahasiswa dan 82 orang dosen dari berbagai Fakultas Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang, dalam pelaksanaan Universitas Social Responsibility (USR).

Bupati Solok Gusmal mengharapkan Univesity Social Responsibility (USR) Universitas Baiturrahmah dapat mengubah pola pikir masyarakat nagari setempat lebih modern sesuai perkembangan zaman.

”Duniakan terus berkembang saya berharap secara berangsur pemikiran masyarakat berubah sesuai zaman seperti pola hidup sehat, bagaimana menjaga kesehatan sesuai yang disosialisasikan mahasiswa kedokteran dan lainnya,” ujar Gusmal.

Selain memberikan penyuluhan kesehatan dan sosialisasi lainnya kegiatan USR Baiturrahmah menurutnya mahasiswa juga dapat mengetahui dan belajar bagaimana adat di kampung budaya Jawi-jawi tersebut.

”Saya sangat berterima kasih ke Universitas Baiturrahmah yang telah melaksanakan bakti sosial di Nagari Jawi-jawi ini, semoga kedepannya dapat dilaksanakan USR dalam bidang lain dengan gerakan baru,” tambah Gusmal.

Rektor Unbrah Musliar Kasim mengatakan USR ini menjadi yang ketiga kali dilaksanakan oleh Unbrah. Sebelumnya sudah dilaksanakan di Kabupaten Tanahdatar pada tahun 2017, dan di Kabupaten Lima Puluh Kota pada tahun 2018 lalu.

Sama dengan kunjungan sebelumnya, kunjungan ke Nagari Jawi-Jawi Guguak mulai dari Kamis (20/6) hingga Minggu (23/6) kemarin adalah untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan, untuk membantu masyarakat menggali potensi yang ada serta kegiatan sosial lainnya.

Terutama di bidang kesehatan, mahasiswa dan dosen akan melakukan atau menggelar kegiatan sosial seperti memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, penyuluhan kesehatan kesekolah-sekolah terdekat. “Selain itu, penanaman 1000 pohon dan kegiatan sosial kemasyarakarat lainnya seperti menggelar goro basama masyarakat nagari,” kata Gusmal.

Serhubung status Nagari Jawi-jawi Guguak yang merupakan Kampung Wisata Budaya, pihak Unbrah melalui USR ini juga akan membantu mempromosikan wisata daerah, karena kebanyakan mahasiswa Baiturrahmah atau lebih dari 50 persen adalah pendatang dari provinsi tetangga seperti Riau, Jambi dan lainnya.

Sementara itu Walinagari Jawi-jawi Guguak, Laswir mengatakan USR ini hampir sama dengan KKN Mahasiswa biasa, namun lebih luas dan lebih cakupannya. Ia berharap kunjungan rombongan dosen dan mahasiswa Baiturrahmah ini akan bermanfaat bagi masyarakat dan juga untuk Baiturrahmah sendiri,

Ia mengapresiasi pihak Unbrah, dan akan menyambut baik kedatangan tamu dari Baiturrahmah tersebut. Dan kedepannya agar terjalin hubungan baik antara masyarakat,

Ia berharap kunjungan keluarga besar Dosen dan Mahasiswa Universitas Baiturahmah yang akan melibatkan ratusan orang mahasiswa dan dosen di Jawi-Jawi Guguak, diharapkan bisa mendorong penemuan dan penguatan potensi daerah hingga meningkatkan daya saing. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional