Menu

Ratusan Lamaran Diserap Job Fair Sijunjung

  Dibaca : 53 kali
Ratusan Lamaran Diserap Job Fair Sijunjung
SIRIH CARANO—Bupati Sijunjung Yuswir Arifin bersama Forkopimda Sijunjung turut hadir pada pergelaran Job Fair 2019 dan disuguhi sirih dalam carano. (endo/posmetro)

SIJUNJUNG, METRO  -Kegiatan Job Fair yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sijunjung di berhasil diburu ratusan pencari kerja. Bahkan hingga dihari terkahir penutupan job fair yang digelar di pusat ibukota tepatnya di Gor Sibinuang Sakti, Muaro Sijunjung itu berhasil menampung lebih kurang 500 lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada 40 perusahaan yang berpartisipasi pada kegiatan job fair tersebut.

Hal itu diungkapkan langsung Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Adlis.

“Hingga saat ini lebih kurang sebanyak 500 surat lamaran dimasukan para pencaker ke berbagai perusahaan yang ikut berpartisipasi,” kata Adlis, Selasa (10/9).

Selanjutnya, para pencari kerja yang mengajukan lamaran tinggal menunggu hasil, diterima atau tidak, setelah sebelumnya diantara perusahaa juga mengaku akan menerapkan sistem seleksi sesuai ketentuan. Baik yang berasal dari dalam daerah hingga luar provinsi, dengan ketersediaan formasi yang ditawarkan cukup bervariasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung, Adlis, mengaku cukup puas dengan perhelatan Job Fair selama dua hari semenjak Senin-Selasa (9-10/9). Berdasarkan data panitia penyelenggara, tercatat jumlah perusahaan yang mengikuti pasar bursa kerja 2019 ini mencapai 40 perusahaan, dengan total lowongan lebih 3000 lowongan kerja.

Alhasil para warga yang datang banyak langsung memasukkan surat lamaran, seraya membawa berkas/dokumen yang dibutuhkan. Berlatar belakang pendidikan tamat SD, SMP, SMA/sederajat, serta Strata 1 (S.1) dari berbagai jurusan.

“Kita akan tindaklanjuti nanti, berapa jumlah pelamar secara keseluruhan dan berapa yang diterima oleh pihak perusahaan. Kegiatan ini kita lakukan sebagai memfasilitasi dan menghubungkan antara pencari kerja dan pihak perusahaan, salah satunya untuk menekan angka pengangguran,” jelasnya.

Diungkapkannya, selain ajang membuka bursa kerja, para pegunjung juga banyak memanfaatkan waktu untuk berkonsultasi, koordinasi dengan pihak perusahaa peserta Job Fair. Karena diantara pengunjung ternyata merupakan para pelaku usaha UMKM dari berbagai produk, hingga mereka berniat hendak menjalin kerjasama pemasaran.

“Kebetulan diantara pengunjung yang datang ada pelaku usaha kecil menengah (UKM) hingga mereka menawarkan pihak-pihak perusahaan itu untuk kerjasama pemasaran produk,” ujar Adlis. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional