Menu

Ratusan Hektare Sawah makin Meranggas

  Dibaca : 252 kali
Ratusan Hektare Sawah makin Meranggas

KURANJI, METRO
Musim kemarau yang melanda Kota Padang sejak beberapa bulan ini, menyebabkan kekeringan yang menyulitkan para petani mengairi lahan pertanian mereka. Hujan yang tak turun-turun membuat sawah- sawah petani di Kota Padang semakin merangggas.

Kondisi ini terlihat jelas dari retak-retak tanah di sejumlah lahan pertanian milik para petani. Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengakui hal tersebut. Sesuai hasil monitoring ke lahan pertanian warga, dampak kekeringan tak bisa dielakkan.

Hal tersebut karena hujan yang tak kunjung turun. Kekeringan pada umumnya terjadi pada lahan-lahan pertanian yang dialiri oleh air sungai Batang Kuranji.

“Debit air sungai terus mengecil. Makanya aliran air pertanian warga menjadi berkurang,” sebut Syahrial Kamat.

Ia menjelaskan, jika kekeringan berlanjut, maka ada ratusan hektar sawah warga yang akan kena dampaknya. Salahsatu caranya adalah menaikan air sungai dengan pompa ke sawah warga. Saat ini, kata dia, ada 50 pompa yang sudah tersebar kepada kelompok-kelompok tani. Pompa-pompa tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua petani.

“Kalau tak cukup, boleh saling meminjam antar kelompok tani,” katanya.

Pantauan koran ini di sepanjang Batang Kuranji, debit air sungai terlihat mengecil. Hal itu terlihat dari batu-batuan yang terlihat jelas dari atas sungai. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional