Menu

Ratusan Botol Tuak Disita

  Dibaca : 84 kali
Ratusan Botol Tuak Disita
BARANG BUKTI MIRAS— Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan bersama pejabat utama menunjukkan barang bukti miras kemasan dan tuak yang berhasil disita dari sejumlah toko.

SIJUNJUNG, METRO
Ratusan botol minuman keras (Miras) ilegal berhasil disita jajaran Polres Sijunjung jelang perayaan tahun baru 2021. Minuman beralkohol itu diamankan setelah polisi menyisiri sejumlah toko harian yang diduga juga menjual minuman keras.

Selain ratusan botol Miras berbagai merek, polisi juga menyita ratusan liter tuak di wilkum Polres Sijunjung. Operasi yang digelar tersebut bertujuan agar menghindari masyarakat untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol pada malam perayaan tahun baru. Serta sebagai upaya pencegahan terhadap potensi gangguan Kamtibmas di Kabupaten Sijunjung.

“Anggota menyisiri toko yang menjual minuman tersebut, kemudian melakukan penyitaan. Hampir disetiap kecamatan yang ada ditemukan minuman seperti itu. Selain berbentuk kemasan, ratusan liter tuak juga disita diberbagai lokasi,” tutur Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan didampingi Wakapolres Kompol Andi Sentosa dan sejumlah pejabat utama lainnya.

Dijelaskan, minuman keras berbagai merek itu diduga ilegal, meskipun terdapat segel bea cukai pada bagian tutup botol. “Jika dilihat sekilas miras ini seperti barang impor, karena dikemas sebagus mungkin, padahal ini ilegal yang bisa saja berdampak buruk terhadap kesehatan,” jelas Kasubag Humas AKP Nasrul Nurdin.

Meski demikian, tidak ada pelaku yang diamankan dan barang bukti dimusnahkan. “Pengakuan dari penjual kalau mereka hanya dititipi saja, tidak tahu dari mana barang tersebut sehingga kita lakukan penyitaan dan pemilik toko membuat surat pernyataan untuk tidak menjualnya kembali. Selanjutnya akan kita musnahkan,” ujar Nasrul.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak menjual ataupun mengkonsumsi minuman beralkohol dan memabukkan. “Dampaknya luar biasa, selain bisa mencelakakan diri sendiri juga membahayakan terhadap orang lain, karena banyak kejahatan yang terjadi berawal dari mengkonsumsi minuman keras,” ujar Nasrul. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional