Close

Rata-rata Nilai IKM Payakumbuh 90.90, LPPM Unand Lakukan Survei

Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas, Pemko Payakumbuh laksanakan kegiatan survey kepuasan masyarakat (SKM) terhadap 22 unit kerja pelayanan publik (UKPP) di Payakumbuh.

POLIKO, METRO–Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Ma­syarakat (LPPM) Universitas Andalas, Pemko Payakumbuh laksanakan ke­giatan survey kepuasan masyarakat (SKM) terhadap 22 unit kerja pela­yanan publik (UKPP) di Payakumbuh. Survey ter­sebut dilakukan sejak tang­gal 12 Juli sampai 24 Agustus 2021 dan melibatkan 2.112 orang respon­den dengan rincian laki-laki sebanyak 834 orang dan perempuan 1.278 o­rang dengan jenjang pendidikan yang berbeda. Dimana SD sebanyak 234 responden, SLTP 288 responden, SLTA 904 responden, D1-D2-D3 seba­nyak 164 responden, S1 484 responden, S2-S3 37 responden dan jenjang pendidikan lainnya 1 respon­den.

Saat dihubungi media, ketua Tim Peneliti LPPM Unand Dr. Ria Ariany me­ngatakan Kegiatan SKM ini dilakukan dengan menja­ring persepsi masyarakat akan layanan yang diberikan oleh 22 UKPP yang menjadi target survei, guna mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap la­yanan yang telah diberikan. “Kegiatan ini semata-mata bertujuan untuk perbaikan kualitas layanan publik yang diberikan oleh 22 UKPP di Pemko Payakumbuh, melalui penilaian kinerja layanan yang dilakukan oleh ma­syarakat penerima layanan,” katanya, Selasa (23/11). “Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Wali Kota Payakumbuh atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada Tim kami untuk melakukan kegiatan survei kepuasan masyarakat (SKM) pada 22 UKPP di lingkup pemerintahan ko­ta Payakumbuh ini,” tambahnya.

Ria menyebut, angka yang dihasilkan dari ke­giatan SKM ini merupakan salah satu perspektif yang menggambaran kinerja layanan UKPP yang di survei, sehingga diharapkan bisa termanfaatkan sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan akan perbaikan layanan kedepannya. Nilai hasil SKM pada 22 UKPP Pemko Payakumbuh 1. DPMPTSP 95,88 A, 2. Dinas Pariwisata 95,84 A 3. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian 93,67 A 4. Puskesmas Lam­pasi 93,09 A 5. Kecamatan Payakumbuh U­tara 92,71 A 6. UPT Pendapatan Daerah 92,21 A 7. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 92,10 A 8. Kecamatan Payakumbuh Selatan 91,65 A.

9. Puskesmas Padang Karambia 91,53 A 10. Pus­kesmas Tiakar 91,36 A 11. Puskesmas Tarok 91,31 A 12. Puskesmas Payolan­sek 91,21 A 13. Puskesmas Air Tabit 91,14 A 14. UPT Fasilitas Pembiayaan 90,­74 A 15. Kecamatan Payakumbuh Timur 90,67 A 16. RSUD Adnaan WD 89,86 A 17. Dinas Sosial 89,01 A 18. Kecamatan Payakumbuh Barat 88,82 A 19. Dinas Pendidikan 88,70 A 20. Puskesmas Ibuh 86,65 B 21. Puskesmas Parit Rantang 85,91 B 22. Kecamatan Lamposi Tigo Nagori 85,81 B

Sedangkan hasil survey kepuasan masya­ra­kat pada RSUD Adnan WD, UPT Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh de­ngan nilai IKM 89,86 A. “Berdasarkan hasil survei yang telah kita lakukan, didapati bahwa rata-rata nilai IKM Kota Payakumbuh 90.90 dengan kategori (A). Dengan demikian dapat disimpulkan secara umum masyarakat Kota Payakumbuh cenderung sangat puas terhadap la­yanan publik yang mereka terima,” ucapnya. Kabag Organisasi Setdako Payakumbuh melalui Kasubag Tatalaksana Yeni Maini mengatakan jika melihat jumlah unsur la­yanan dan jumlah UKPP yang masih mendapat keluhan masyarakat, secara umum dapat dikatakan bahwa pelayanan yang diberikan oleh aparat terkategori “Sangat Baik”. “Berdasarkan rekomendasi dari tim survey tersebut, sebagai besar OPD sudah menindak lanjuti­nya untuk memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada masya­ra­kat,” ucapnya. “Kedepannya, kita harapakan hasil kegiatan SKM ini dapat dijadikan pertimba­ngan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan dan menentukan langkah-langkah strategis selanjutnya khususnya da­lam area penyelengaraan pelayanan publik,” pung­kasnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top