Close

RAT Tepat Waktu, KSPPS Ikhwan Terima Penghargaan

TERIMA PENGHARGAAN— Ketua Koperasi Syariah Ikhwan menerima penghargaan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, METRO–Kepala Bidang Koperasi UMKM, Dinas Koperisi UMKM Kota Payakumbuh, Tegrasia Nita menyerahkan penghargaan kepada Ketua Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ikhwan, karena dinilai sukses melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 49 tahun buku 2021. Menurutnya, KSPPS Ikhwan adalah koperasi Syariah yang bisa dijadikan contoh dalam pelaksanaan prinsip syariah dalam perkoperasian di Kota Pa­yakumbuh. Juga, RAT KSPPS Ikhwan merupakan RAT keempat puluh yang sukses dilaksanakan sesuai jadwal yakni bulan Maret 2021 dari 143 koperasi yang terdaftar resmi di Dinas Koperasi UMKM dan perdagangan Kota Payakumbuh.

Dia juga menyebut RAT KSPPS Ikhwan yang beranggotakan ASN kemenag Kota Payakumbuh dan kabupaten Lima Puluh Kota, sudah sesuai dan tepat waktu. Ia memuji sekaligus mengapresiasi dan mengaku takjub, karena laporan KSPPS Ikhwan tertata secara apik dan sistematis.  “KSPPS Ikhwan, sejak saya kenal patut menjadi contoh pengimplementasian prinsip syariah di Payakumbuh. Hal ini wajib dipertahankan karena sejumlah penghargaan hingga tingkat provinsi pun sudah diraih sebagai bukti koperasi berprestasi. KSPPS Ikhwan sudah punya 6 bidang syariah yang berjalan baik,” sebutnya saat membuka RAT di Aula Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Sabtu (19/3).

Dikatakannya, ternyata, beralih ke syariah dan mampu berjalan optimal, bukan niatan semata. Selain itu bidang usaha syariah sudah punya aturan jelas, baik rencana jangka panjang, rencana jangka pendek, serta besaran pinjaman untuk anggota.  KSPPS Ikhwan sudah menjalankan bidang yang berkaitan dengan kemanusiaan, terbukti adanya ketentuan uang sosial bagi anggota serta adanya beasiswa untuk menunjang pendidikan untuk anak dari anggota koperasi mulai ting­kat SD hingga Perguruan Ting­gi, sesuai kesepakatan ber­sama.

Sebelumnya, Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Payakumbuh, Etlan Nofri telah menyampaikan pesan dan masukan terkait kondisi neraca KSPPS Ikhwan tahun buku 2021.

Harapan senada juga disampaikan, Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh Ramza Husmen selaku pembina KSPPS Ikhwan berharap agar pengurus dan anggota memiliki niat baik untuk memajukan KSPPS Ikhwan yang sudah dirintis sesepuh sejak tahun 1977 dengan nama KPRI Ikhwan berbadan hukum, hingga merubah jati diri menjadi koperasi syariah sesuai akta perubahan yang diterbitkan Kemenkumham pada tanggal 28 Agustus 2021, sebagaimana tertera pada buku laporan RAT.  “KSPPS Ikhwan kini dibawah binaan PKP RI cabang Sumatera Barat. Walau demikian, mari kita luruskan niat , tetap low profile, pandai mengatur strategi, komunikasi, koordinasi demi kemajuan koperasi,” harapnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top