Close

Rapatkan Barisan Sambut Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Payakumbuh Targetkan Zero Pelanggaran

RAKOR—Ketua Bawaslu dan Komisioner Bawaslu beserta peserta rakor penanganan pelanggaran pemilu saat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

KUBUGADANG, METRO–Menjelang pesta de­mokrasi pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 mendatang,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Payakumbuh, melakukan rapat ko­ordinasi penanganan pe­langgaran pemilu, Rabu (8/6), di aula kantor Bawaslu Kota Payakumbuh. Rapat koordinasi yang melibatkan Polisi, Kejaksaan Negeri, KPU, Kesbangpol, BKPSDM dan Me­dia, menitik beratkan terkait pola-pola pencegahan pelanggaran. Bahkan Bawaslu optimis dapat memanimalisir terjadinya pelanggaran bahkan bisa zero pelanggaran pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Muhammad Khadafi, menyebut akan melakukan berbagai upaya dalam pencegahan pelanggaran dan akan melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk bisa terlibat dalam pengawasan partisipatif. Dian­tranya, akan ada kampung pengawasan, pojok pengawasan dan kelura­han pengawasan.

“Kita kedepankan pola pola pencegahan. Kedepan tentu kerja sama dan saling bergandeng tangan dalam melakukan pengawasan. Dan kita berupaya memanimalisir berbagai kecurangan dan pelanggaran pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Sehingga dapat mewujudkan harapan rakyat menghadirkan pemilihan yang benar-benar demokrasi,” sebut Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Muhammad Khadafi, saat membuka acara.

Ketua Bawaslu M.Kha­dafi yang dikenal dekat dengan awak media ini, menyebut tingkat keter­tiban pemilih dan  penyelenggara pemilu yang semakin baik dari masa kemasa. Dan pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang tinggal menjaga.

“Alhamdulillah, tingkat ketertiban pemilih, penyelenggara semakin baik. Sistim yang sudah tertata dengan baik ini tinggal menjaga. Semua orang akan terlibat, kecuali yang belum memiliki hak pilih. Kami di Bawaslu tidak akan bisa berjalan sendiri. Kami berterimakasih atas partisipasi bapak ibu sudah meluangkan waktu untuk bisa hadir,” ucapnya.

Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kota Patakumbuh, Maidona, S.Pd, yang menjadi pemateri dengan tema “Penanganan Pelanggaran Pemilu Serentak 2024” mengajak semua pihak untuk rapatkan barisan sambut pemilu serentak 2024 men­datang.

Disampaikannya, saat ini tinggal satu langkah lagi terkait pengesahan PKPU dari Kemenkumham. “Ini adalah agenda elektoral yang paling besar, paling rumit, dan pa­ling kompleks sepanjang sejarah di Indonesia. Awal tahapan pemilu serentak Juni 2022, hari pungut hitung pemilu serentak 14 Februari 2024, penetapan kursi dan calon terpilih pasca putusan MK Juni 2024. Awal tahapan pemi­lihan serentak Pilkada Februari 2024, September 2024 pencalonan Kepala Daerah, 27 November 2024 hari pungut hitung pemilihan serentak,” ungkap Meidona.

Dia juga menyebut kompleksitas pemilu serentak disebabkan karena, pertama, penyelenggaraan pileg, pilpres dan pilkada dilakukan pada tahun yang sama mes­kipun tanggal pemungutan suara berbeda. Ke­dua, dari sesi teknis membutuhkan petugas yang banyak dan waktu penyelesaian per tahapan yang membutuhkan waktu yang lama. Dan Ketiga, potensi persoalan yang sama dengan pemilu dan pilkada sebelumnya, se­bab regulasi kepemiluan tidak mengalami perubahan berupa ketentuan yang ada di UU pemilu dan UU Pilkada masih tum­pang tindik dan belum sa­ling sinkron satu sama lain.

Selain itu, Maidona, juga mengulas tantangan Bawaslu dalam menjalankan agenda pemilu, diantaranya fenomena black campaign, hoak, hate speech, rumors, bullying dan isu SARA telah menjadi sisi gelap dari kehidupan media sosial kala pe­nyelenggaraan pemilu. Dan maraknya fenomena politik uang dan mahar politik dalam setiap kontestasi politik dengan mo­dus dan pola yang sama.

“Kita berharap pada pemilu serentak nanti semua pihak bergandengan tangan dalam mensukseskan proses demokrasi ini. Sehingga berbagai pe­langgaran dan kecura­ngan bisa nol di Kota Payakumbuh. Dan selama ini partisipasi pengawasan pemilu di Kota Payakumbuh, sudah cukup baik,” sebutnya. (uus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top