Menu

Rapat Paripurna DPRD Terhadap LKPJ Pelaksanaan APBD Tahun 2020, Padang Delapan Kali Raih WTP, Wali Kota Ucapkan Rasa Suyur

  Dibaca : 640 kali
Rapat Paripurna DPRD Terhadap LKPJ Pelaksanaan APBD Tahun 2020, Padang Delapan Kali Raih WTP, Wali Kota Ucapkan Rasa Suyur
Ketua DPRD Syafrial Kani membuka rapat paripurna Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2020 didampingi Walikota Padang, Wakil Ketua DPRD serta Sekwan.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar Rapat Paripurna Penyam­paian secara resmi oleh Wali Kota tentang Ran­cangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggung Jawaban (LKPJ) Pelak­sanaan Anggaran Pen­da­patan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2020, Senin (31/5), di ruang si­dang utama gedung DPRD Kota Padang.

Rapat paripurna ter­sebut dipimpin Ketua DPRD Padang Syafrial Ka­ni didampingi Wakil Ketua Arnedi Yarmen dan Ilham Maulana serta Sekretaris DPRD Hendrizal Azhar. Selain diikuti para anggota DPRD Kota Padang, juga hadir unsur Forkopimda, pimpinan OPD dan stakeholder lainnya baik secara langsung maupun virtual.

Dalam rapat paripurna tersebut, Wali Kota Pa­dang, Hendri Septa, atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Padang me­nyam­­­paikan rasa syukur dan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak, terutama dalam hal ini DPRD Kota Padang.

Laporan Keuangan Pe­­me­rintah Daerah (LKPD) Kota Padang TA 2020 yang diperiksa oleh Badan Pemeriksaan Ke­uangan (BPK) RI Perwa­kilan Sumatera Barat (Sum­­bar), menghasilkan Opi­ni Wajar Tanpa Penge­cualian (WTP) untuk yang kedelapan kalinya dengan menerimanya tujuh kali secara berturut-turut.

“Alhamdulillah, hal ter­sebut adalah prestasi kita di Pemko Padang dalam bidang pengelolaan ke­uangan daerah selama ini. Ini semua juga tidak lepas dari dukungan DPRD Kota Padang serta seluruh nsur terkait,” ungkap wako.

Hendri juga meng­ung­kap­kan beberapa hal yang telah dan terus dilakukan Pemko Padang dalam me­ningkatkan pengelolaan keuangan daerah yang valid, akuntabel dan trans­paran. Diantaranya mulai dari penyajian laporan keuangan secara wajar dan sesuai dengan stan­dar akuntansi pemerin­ta­han.

Kemudian, menerap­kan sistem pengendalian in­tern yang memadai dan me­­ningkatkan peng­awa­san dalam pelaksanaan administrasi keuangan daerah.

“Selanjutnya yaitu me­la­ku­kan peningkatan ke­taatan terhadap peratu­ran perundang-undangan yang mengatur seluruh pelaksanaan administrasi keuangan daerah oleh semua SKPD. Begitu juga seiring meningkatnya ko­mit­men semua elemen pendukung pelaksanaan administrasi keuangan daerah,” bebernya.

“Kita bersyukur, bebe­rapa catatan yang dibe­rikan BPK RI Perwakilan Sumbar kepada Pemko Padang berkurang diban­dingkan tahun-tahun sebe­lumnya. Hari ini kita sam­paikan Ranperda Pertang­gung­jawaban Pelaksa­na­an APBD Kota Padang TA 2020 ke­pada DPRD Kota Padang un­tuk dievaluasi dan dipro­ses sesuai pro­se­dur yang berlaku. Ha­rapan kita ten­tu­nya, se­moga Ranperda ini nanti­nya dapat dijadikan Perda sesuai waktu yang diren­canakan,” tuturnya me­nam­bahkan

Lebih jauh wali kota milenial itu memaparkan sekaitan realisasi APBD Kota Padang TA 2020 yang terdiri dari total penda­patan dengan target sebe­sar Rp2,38 triliun dan telah di­ realisasikan sebesar Rp2,17 triliun atau 90,92 persen.

“Dari PAD Kota Pa­dang TA 2020 ditargetkan sebe­sar Rp664,27 miliar dengan realisasinya yaitu sebesar Rp499,89 miliar atau 75,26 persen. Untuk peneri­maan­nya terdiri dari pajak da­erah, retribusi daerah, pen­dapatan hasil pengelolaan kekayaan derah yang di­pisah­kan serta PAD yang sah,” pung­kas wako meng­akhiri.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Padang Syaf­rial Kani mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Wali Kota Padang yang telah menyampaikan Ranperda Pertang­gung­ja­waban Pelaksanaan APBD Kota Padang TA 2020 pada si­dang paripurna ter­se­but.

“Setelah ini kita akan me­nyikapinya dengan me­ng­­­gelar rapat pari­pur­na in­­ter­nal terkait pem­ben­tu­kan Pa­nitia Khusus (Pan­sus) se­kaitan pemba­hasan Ran­per­da ini. Se­moga Ran­­­per­da tersebut dapat di­ja­di­kan Perda se­suai wak­tu yang di­ten­tukan,” ucap Syaf­rial.(*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional