Menu

Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Pemprov Sampaikan Tiga Nota Pengantar Ranperda

  Dibaca : 507 kali
Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Pemprov Sampaikan Tiga Nota Pengantar Ranperda
rapat paripurna--Ketua DPRD Sumbar Supardi memimpin rapat paripurna penyampaikan nota pengantar tiga rancangan peraturan daerah.

Pemerintah Pro­vin­si Sumatera Barat (Sum­bar), menyampaikan nota pengantar tiga rancangan peraturan daerah (Ran­perda) kepada DPRD Sum­bar melalui sidang pari­purna,Rabu(2/6).

 Melanjutkan proses tersebut, DPRD melalui fraksi-fraksi akan mela­kukan pendalaman untuk melahirkan produk hukum daerah (perda) yang mam­pu mengakomodir kebu­tuhan pembangunan ber­ke­lanjutan.

 Ketua DPRD Sumbar Supardi yang memimpin paripurna mengatakan, ada tiga nota ranperda yang diantarkan peme­rintah provinsi untuk diba­has bersama yaitu Ranper­da tentang Pertang­gung­jawaban APBD(PPA) Pro­vinsi Sumatera Barat Ta­hun 2020, Ranperda Ten­tang RPJMD Provinsi Su­matera Barat Tahun 2021-2026, selanjutnya ada Ran­perda tentang Pengelolaan Perpustakaan.

 Dilanjutkannya, sebe­lum dibahas bersama, pen­ting bagi DPRD untuk memberikan sejumlah ma­su­kan strategis untuk di­ketahui bersama.

Pertama dalam Ran­perda PPA, untuk ketahui BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, pada tang­gal 7 Mei 2021 telah me­nyampaikan kepada DPRD LHP atas LKPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 20­20, dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian “ W­TP”.

 Meskipun opini yang diberikan WTP, namun ma­sih banyak per­ma­sa­lahan dan kelemahan yang ter­jadi dalam penge­lolaan keuangan daerah, dengan nilai yang cukup siginifikan.

 Diantaranya pe­nga­daan barang untuk pena­nganan covid-19 dan pe­netapan barang milik da­erah yang tidak sesuai dengan ketentuan.

 “ Hal tersebut, harus menjadi perhatian ber­sama dan menjadi acuan dalam pengelolaan ke­uangan daerah,” kata­nya.

 Selanjutnya dari aspek pendapatan, realisasi pen­dapatan secara kese­lu­ruhan pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 6,36 triliun atau 99,10 persen dari target yang diren­canakan yaitu sebesar Rp 6,42 triliun.

 Dan dari pengelolaan pembiayaan dari, realisasi pada tahun 2020 adalah sebesar Rp 305 miliar dari rencana pembiayaan se­besar Rp 308 miliar.

 Dari pengelolaan pen­dapatan dan belanja da­erah tersebut, maka ter­dapat Sisa Lebih Peng­gunaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp  260 miliar. A­pa­bila dibandingkan de­ngan defisit pada APBD tahun 2021 yang ditutup dari SILPA Tahun 2020, adalah sebesar Rp.

220 miliar dengan de­mikian masih terdapat ang­garan yang bisa di­gunakan pada Perubahan APBD 2021 sebesar Rp 40 miliar.

 Selanjutnya Ranperda Tentang RPJMD Provinsi Sumatera Barat Tahun 20­21-2026. Pada penetapan rancangan awal RPJMD dan musrenbang RPJMD, DPRD Provinsi Sumatera Barat memberikan bebe­rapa catatan yang perlu di dalami kembali oleh pe­merintah daerah dalam penyusunan ranperdanya, diantaranya Perbedaan periodesasi masa jabatan kepala daerah dan wakil dengan periodesasi RP­JMD.

 Melihat pada masa ja­ba­tan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar tahun 2021-2025, efektiv hanya tiga tahun dan pelaksanaan program unggulan baru bisa diakomodir pada A­P­BD tahun 2022. Oleh sebab itu, perlu strategi yang tepat, agar program ung­gulan Gubernur dan Wa­kil Gubernur dapat dise­le­saikan selama masa jaba­tannya.

 Selanjutnya Ranperda tentang Pengelolaan Per­pustakaan. Ranperda ini merupakan rencana pem­bentukan perda yang telah ditetapkan dalam Pro­pem­perda Tahun 2021.

 Tujuan dari pem­ben­tukan Ranperda ini adalah untuk memberdayakan dan meningkatkan fungsi perpustakaan dalam pe­nyelenggaraan peme­rinta­han dan pembangunan da­erah.

 Sementara itu Guber­nur Sumbar Mahyeldi An­sa­rullah pada paripurna itu mengatakan, orientasi pe­nyelenggaraan peme­rin­tahan daerah mesti ber­dampak kepada pe­lak­sa­naan pembangunan yang berkelanjutan.

 Banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya pertumbuhan ekonomi in­dustri, masih ter­hambat­nya pelaksanaan pemba­ngunan yang disebabkan pembebasan lahan, harus adanya optimalisasi pe­merataan pendidikan yang berimbas pada turunya angka kemiskinan dan pe­ngangguran. (hsb)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional