Menu

Rapat Paripurna APBD Perubahan 2020, Pendapatan Daerah Turun 7,18 Persen

  Dibaca : 134 kali
Rapat Paripurna APBD Perubahan 2020, Pendapatan Daerah Turun 7,18 Persen
Walikota Sawahlunto Deri Asta

SAWAHLUNTO, METRO
Rapat paripurna DPRD Sawahlunto dalam penyampaian nota penjelasan Walikota Sawahlunto Deri Asta atas Ranpeda tentang Perubahan APBD Kota Sawahlunto tahun 2020 berlangsung pagi tadi di ruang rapat DPRD Kota Sawahlunto, Senin (21/9).

Deri Asta menyampaikan, kondisi umum pendapatan daerah pada perubahan APBD 2020 menglami penurunan yang signifikan, dengan tetap fokus pada suatu upaya peningkatan penerimaan pendapatan daerah, terutama dari dana transfer pemerintah pusat, dengan tidak melupakan upaya penerimaan pendapatan asli daerah.

Ditambahkannya, penyesuaian terhadap rencana peningkatan daerah yang berasal dari dana transfer pemerintah pusat menyesuaikan terhadap kebijakan dalam menghadapi pandemi Covid 19, menpedomani peraturan Presiden No 72 tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan rincian anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 2020.

Sementara terhadap PAD didasarkan pada realisasi/kondisi objektif saat ini, sehingga target yang tidak mungkin tercapai perlu dilakukan pengurangan serta penyesuaian.

Dalam rancangan perubahan APBD tahun anggaran 2020, sehingga pendapatan daerah dialokasikan sebesar Rp 586 miliar lebih mengalami penurunan sebesar Rp45 miliar lebih atau sebesar 7,18 persen. Apabila dibandingkan dengan APBD awal sebesar Rp631 miliar lebih penurunan target pendapatan daerah tersebut bersumber dari penurunan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 7,85 persen , dana berimbang dan pendapatan lain lain yang sah.

Sementara itu Eka Wahyu selaku Ketua DPRD Sawahlunto yang memimpin rapat mengatakan, nota penjelasan Walikota atas Ranperda tentang perubahaaan APBD kota Sawahlunto tahun 2020, telah diserahkan ke pimpinan rapat DPRD Kota Sawahlunto untuk dibahas dalam rapat paripurna yang akan dilaksanakan hari ini, Selasa (22/9).

Katanya, rapat paripurna DPRD Sawahlunto tersebut akan dilaksanakan juga secara vicon dan dapat disaksikan oleh masing masing OPD di lingkungan Pemko Sawahlunto yang tidak berkesempatan langsung hadir ke ruangan rapat DPRD Kota Sawahlunto harus memperhatikan protokoler kesehatan tentang Covid-19. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional