Close

Ranperda Prakarsa DPRD Sumbar Diparipurnakan

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, dan pimpinan DPRD Sumbar dalam rapat pairpurna. Senin (13/12).

PADANG, METRO–Dewan Perwakilan Rak­yat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat paripurna pe­nyampaian tanggapan Gubernur atas ranperda pra­karsa DPRD dan pandangan fraksi- fraksi terhadap dua ranperda yang diusulkan pemerintah daerah di ruang rapat utama DPRD Sumbar, Senin (13/12).

Rapat dipimpin wakil ketua DPRD Provinsi Su­matera Barat, Suwirpen Suib didampingi wakil ke­tua Irsyad Syafar, Pemprov Sumbar dihadiri Gubernur Sumbar, anggota DPRD Sumbar dan Sekwan DPRD Sumbar Raflis.

Wakil ketua DPRD Sum­bar Suwirpen Suib mengatakan, Ranperda tentang keterbukaan informasi pu­blik ditujukan untuk me­ningkatkan akses dan mem­berikan ruang seluasnya kepada masyarakat mendapatkan hak terha­dap informasi publik serta dalam meningkatkan u­paya transparansi dan a­kun­tabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Gubernur telah me­nyiapkan tanggapan ranperda tentang keterbukaan informasi publik penyelenggaraan pemerintahan daerah merupakan Prakarsa DPRD dan fraksi- fraksi telah menyiapkan pandangan umum fraksinya terhadap Ranperda tentang pengelolaan keuangan da­erah dan ranperda tentang pembangunan infrastruktur berkelanjutan,” ujar Suwirpen

Juru bicara fraksi Partai Demokrat Jefri Masrul mengatakan, Perda pe­ngelolaan keuangan daerah suatu peraturan daerah disusun untuk kontrol sosial dengan objek pengaturan yang jelas dan memenuhi persyaratan hirarki peraturan perundang-undangan.

“Fraksi Partai De­mo­krat melihat Ranperda pe­ngelolaan Keuangan Dae­rah semata menyalin secara total Peraturan Pemerintah No. 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Ke­uangan Daerah,” ujar Jefri Masrul.

Maka pada akhirnya nanti Ranperda Penge­loalan Keuangan Daerah persis sama dengan Pe­raturan Pemerintah nomor 12 Tahun 2019 tentu isinya persis sama dengan Pe­raturan Gubernur nanti­nya, ini berarti belum me­nganut azaz hirarki perarturan perundang-unda­ngan, karena didasarkan hanya copy paste dari Pe­raturan Pemerintah nomor 12 Ta­hun 2019.

Pembangunan infrastruktur berkelanjutan me­nyangkut dengan infrastruktur pembangunan gedung diatur dalam pasal 19 bahwa infrasruktur pembangunan gedung, Masjid Raya Sumatera Barat ,Gedung Stadium Utama Sikabu, Pembangunan Evakuasi Sementara di daerah, Pembangunan Shelter di Komplek Kantor Gubernur, Gedung Kebudayaan, Museum, dan Perpustakaan Sumatera Barat, Gedung Pertujukan Seni dan Budaya bertaraf Internasio­nal, Infrastruktur Bangu­nan Perkantoran Diling­kungan Pemerintah Dae­rah yang berkaitan langsung dengan Peningkatan Pelayanan.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah telah berinisiatif mengajukan rancangan Peraturan Da­e­rah tentang pembangu­nan infrastruktur berkelanjutan.

“Infrastruktur diibaratkan sebagai bahan bakar dari suatu mesin, jika bahan bakar tidak tersedia maka mesin tersebut tidak dapat berfungsi,” ujar juru bicara Rahmad Saleh.

Menurut Ramal Saleh, meskipun pembangunan dan penyediaan infrastruktur di Sumbar telah berlangsung lama dan telah dirasakan dampaknya ma­s­yarakat.

“Sementara kebutuhan atau permintaan pemba­ngunan infrastruktur semakin meningkat sejalan dengan semakin menguatnya tuntutan percepatan pembangunan untuk me­ningkatkan kesejahteraan masyarakat. Fraksi PKS  berpendapat bahwa ranperda ini sangat dibutuhkan di Sumatera Bara,” ujar Saleh.

Ranperda tentang pem­bangunan infrastruktur berkelanjutan tersebut, kami dari fraksi FKS memberikan beberapa catatan penting.

“Catatan penting, persoalan pembangunan ada di Provinsi Sumatera se­hingga akhirnya Pemerintah Daerah berinisiatif untuk merancang peraturan daerah tentang Pemba­ngunan Infrastruktur Berkelanjutan. Bagaimana potensi energi terbarukan ini si Sumbar .dan sejauh mana pengarahan energi telah dilaksanakan oleh Dinas terkait dan dimana saja penyebaran titik -titik energi tersebut,” ujar­nya.

Tampak pandangan u­mum fraksi- fraksi menye­rahkan pandangan umum fraksinya secara bergantian kepada pimpinan DPRD. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top