Close

Ranking FIFA Timnas Indonesia Berpeluang Meroket Bila Mampu Kalahkan Curacao

GENJOT PERSIAPAN-Timnas Indonesia terus menggenjot persiapan jelang menghadapi Timnas Curacao di Bandung. Skuad Garuda melakukan sesi latihan di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani Bandung, Selasa (20/9).

Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao pada laga FIFA Matchday. Pasukan Shin Tae-yong akan dua kali meng­hadapi tim dari Amerika Tengah tersebut.

Timnas Indonesia lebih dulu menghadapi Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/2022). Tiga hari berselang, giliran skuad Merah Putih yang akan bermain di Stadion Pakansari, Cibinong.

Kedua laga FIFA Matchday ini wajib dimaksimalkan oleh Timnas Indonesia. Pasalnya, Timnas berpotensi meraup banyak poin bila mampu mengalahkan Curacao dalam kedua laga tersebut.

Tambahan banyak poin bisa mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA. Lantas, bagaimana hitung-hitungannya?

Mengacu pada ranking FIFA terakhir (25/8/2022), Timnas Indonesia memiliki perbedaan posisi yang jauh dari Curacao. Timnas Indonesia saat ini berada di urutan ke-155 dengan koleksi 1019,19 poin.

Sementara itu, Curacao berada di posisi 100 besar tepatnya peringkat ke-80. Saat ini, Curacao mengumpulkan 1299,69.

Dengan perbedaan peringkat yang mencolok menjadi keuntu­ngan buat Timnas Indonesia. Poin besar akan diraih bila mampu meraih kemenangan atas Curacao pada dua laga FIFA Matchday.

Menurut sejumlah sumber, Timnas Indonesia akan mendapatkan 7,4 poin bila meraih kemenangan atas Curacao. Ada­pun bila meraih hasil imbang, jumlah poin yang didapat adalah 2,4 dan bila kalah harus kehila­ngan 2,6 poin.

Namun, potensi poin yang didapat bisa meningkat. Apalagi laga digelar sebanyak dua kali dengan hitungan yang sama se­perti di atas.

Bila mampu meraih dua kemenangan, maka pasukan Shin Tae-yong berhak mengantongi 14,8 poin. Tentu saja dengan jumlah tersebut peringkat Timnas Garuda bisa melonjak signifikan.

Peringkat Timnas Indonesia bakal melonjak drastis bisa bila mampu meraih dua kemenangan atas Curacao. Nantinya, Timnas Indonesia akan menggeser empat tim sekaligus dan bertengger di urutan ke-151.

Namun, bila menelan kekalahan pada dua laga tersebut maka Timnas Indonesia bakal kehila­ngan 5,2 poin. Jika dikurangi jumlah poin saat ini maka Timnas Merah Putih bisa turun ke posisi 157.

Namun, catatan di atas a­dalah hitung-hitungan kasar. Bila tim yang ada di atas dan di bawah Timnas Indonesia juga melakoni laga FIFA Matchday maka hasilnya bisa berubah. (*/rom)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top