“Bahan kita relatif lebih tebal kalau dibandingkan, setau saya dua kali lipat dari yang lain. Ketebalan mempengaruhi kemampuan menahan karat. Misal pagar dengan besi yang tebal lebih tahan karat daripada yang tipis,” ucap Dyon. Pada kunjungan ke pabrik Yamaha di Jakarta Timur, rangka dari NMax pakai pipa dengan tebal sekitar 2,3 mm. Sedangkan untuk model WR atau trail, ketebalannya sekitar 1,6 mm.
Lalu, langkah ketiga dalam membuat rangka motor yang awet adalah dengan melakukan perlindungan. Rangka yang kami lihat di pabrik dilapis dengan cat secara menyeluruh, luar dan dalam.
“Kita ada sistem pencelupan, perlindungannya baik di luar dan dalam, jadi terlindung semua rangka kita. Ada standar tebal perlindungan, 22 mikron, bukan asal ada, tapi ada proses sehingga dia cukup,” ucap Dyon.
Bahkan untuk rangka motor sport, setelah dicelup cat agar terlindung dari karat, dicat lagi dengan cara disemprot. Jadi perlindungan rangka dari karat semakin tinggi. (rgr)




















