Menu

Rampas Pistol Polisi, Datuak Tiger Ditembak. Awalnya ‘Bagak’ lalu Meringis

  Dibaca : 2709 kali
Rampas Pistol Polisi, Datuak Tiger Ditembak. Awalnya ‘Bagak’ lalu Meringis
DILUMPUHKAN— M Iqsan alias Datuak Tiger yang kedapatan menjual sabu dilumpuhkan dengan timah panas lantaran melawan petugas Satresnarkoba Polres Sawahlunto ketika ditangkap.

SAWAHLUNTO, METRO – Melawan dan bahkan berusaha merampas senjata api milik Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Sawahlunto saat dilakukan penangkapan, seorang pengedar narkoba berbadan besar dan bertato dihadiahi timah panas. Peristiwa itu terjadi di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Rabu (5/1) sekitar pukul 11.00 WIB.

Pelaku bernama M Iqhsan alias Datuak Tiger (44) warga Jorong Kunik Bolai, Desa Sulit Air, Kecamatan X Kota Diatas, Kabupaten Solok yang semula ‘bagak’ dan sangar, setelah ditembak, langsung terkapar dan meringis kesakitan. Pelaku yang berstatus residivis itupun kemudian dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Selain menangkap pelaku, di lokasi juga ditemukan barang bukti berupa satu paket kecil sabu dibungkus plastik klip yang disimpan dalam kotak korek api, satu unit motor Yamaha Yupiter warna hitam, dan satu unit handphone merk nokia warna putih.

Kapolres Sawahlunto AKBP Junaidi Nur melalui Kasat Resnarkoba AKP Sugianto mengatakan, pihaknya ketika melakukan penangkapan sudah berusaha memberikan tembakan peringatan berulang kali agar pelaku menyerah. Namun, tembakan itu tidak diindahkan dan bahkan pelaku malah berusaha merampas senjata api petugas.

“Makanya, setelah tembakan peringatan tidak dihiraukan dan pelaku melawan, kita langsung mengambil tindakan tegas yang terukur untuk melumpuhkan pelaku. Kita menembak kaki kirinya dengan timah panas dan membuat pelaku yang semula melawan langsung terkapar,” kata AKP Sugianto.

AKP Sugianto menjelaskan, penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat tentang maraknya peredaran narkotika dari Solok masuk ke Kota Sawahlunto. Atas informasi tersebut pihaknya melakukan undercover buy menyamar sebagai pembeli narkoba.

“Kita menjalin komunikasi dengan pelaku Datuak Tiger dan memesan sabu kepada pelaku. Tergiur, kita dengan pelaku sepakat transaksi. Datanglah pelaku dari Sulit Air Solok menggunakan motor Yamaha Yupiter hitam tanpa plat nomor siang hari pukul 11.00 WIB mengantarkan pesanan di tepi jalan umum Dusun Koto Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin,” ungkap AKP Sugianto.

AKP Sugianto menambahkan, setelah bertemu dengan pelaku, petugas yang menyamar kemudian menghampiri pelaku. Ketika memperlihatkan sabu, anggota yang menyamar berusaha menangkapnya, namun pelaku melawan dan dilumpuhkan dengan menembak timah panas di kaki kirinya.

“Barang bukti yang disita ada satu paket kecil sabu siap edar. Kita masih dalami kasus ini untuk pengembangan kasus. Pelaku setelah ditangkap, dibawa ke rumah sakit lalu dibawa ke Polres. Statusnya, pelaku ini merupakan residivis kasus yang sama. Diduga, pelaku masih memiliki jaringan,” pungkasnya. (cr2)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional