Mudik Lebaran 2024, Kapolri Minta Petugas di Lapangan Berikan Pelayanan Terbaik ke Masyarakat

BERI KETERANGAN— Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan keterangan di DPP PUI (Persatuan Ummat Islam), Selasa (2/4).

JAKARTA, METRO–Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengin­struk­sikan seluruh jajaran untuk memberikan pela­yanan terbaik kepada ma­syarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2024.

Sigit meminta seluruh jajaran Polda wilayah da­pat bekerja sama dengan stakeholder terkait lainnya agar dapat memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan mudik Lebaran 2024.

Mantan Kabareskrim itu mengaku dirinya juga akan turun langsung untuk meninjau kesiapan arus mudik di sejumlah wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Bali.

“Untuk memastikan bah­wa jalur, kemudian fasilitas penunjang, kemudian potensi terjadinya ra­wan kecelakaan, semua bisa kita minimalisir,” kata Sigit di DPP PUI, Jakarta Selatan, Selasa (2/4).

Sigit meminta agar seluruh anggota Korps Bha­yangkara dapat betul-be­tul mempersiapkan pelbagai kebutuhan untuk menciptakan kondisi mu­dik Lebaran yang aman dan lancar.

Dia mengingatkan dari data milik Kementerian Perhubungan, diperkirakan jumlah pemudik di tahun 2024 bakal meningkat hingga 56 persen ketimbang tahun 2023.

“Betul-betul bisa kita berikan pelayanan yang terbaik. Sehingga masya­rakat yang melaksanakan mudik dan balik walaupun jumlahnya jauh lebih besar, namun semuanya kita harapkan bisa terkelola dengan baik,” ujar Sigit.

Di sisi lain, Sigit juga memastikan pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas untuk mengurai potensi kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Melalui pelbagai skema rekayasa lalu lintas berupa one way, contra flow hingga buffer zone di pelabuhan itu diharapkan da­pat mengantisipasi kema­cetan akibat lonjakan jumlah pemudik.

“Walaupun kita tahu pasti akan ada potensi kemacetan, namun mu­dah-mudahan dengan re­kayasa yang kita siapkan itu bisa membantu mempercepat, menormalkan kembali, ataupun mengurai potensi-potensi yang macet,” tutup Sigit. (jpg)

Exit mobile version