Menu

Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Produksi Sampah Diprediksi tak Meningkat

  Dibaca : 100 kali
Ramadhan di Tengah Pandemi Covid-19, Produksi Sampah Diprediksi tak Meningkat
TPA AIA DINGIN— Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon saat melihat kondisi terkini TPA Aia Dingin. DLH memprediksi selama Ramadhan tidak akan terjadi peningkatan volume sampah secara siginifikan.

AIA PACAH, METRO
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon memprediksi produksi sampah Kota Padang sepanjang Ramadhan tidak terlalu bertambah. Hal ini karena perekonomian masyarakat yang masih stagnan.

Dikatakannya, saat ini produksi sampah Kota Padang per hari sebanyak 400 ton sampai 500 ton. Dalam kondisi biasa, pada saat Ramadhan, biasanya jumlahnya meningkat 10 persen. Namun untuk ramadhan kali ini diyakininya tak akan bertambah.

“Banyak usaha yang belum buka. Jadi sampahnya juga tak terlalu banyak,” kata Mairizon.

Selama Ramadhan, menurutnya, sistem kerja para petugas kebersihan masih seperti biasa. Tidak ada perubahan. Mereka ada yang mengangkat sampah, menyapu dan berbagai aktifitas lainnya.

Petugas pengangkut sampah mengambil sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Saat ini, ada sebanyak 139 titik TPS tersebar di Kota Padang. Warga diwajibkan membuang sampah di TPS mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB pagi.

Untuk mengangkut sampah sampah tersebut, DLH menggunakan mobil sweeper, truck, kontainer, becak motor, mesin pencacah kompos, mesin steam, bank sampah, ekskavator, bulldozer, perahu pengangkut sampah, dan alat angkut lainnya.

Dijelaskan, satu kontainer mampu mengangkut 7 meter kubik sampah. Dalam sehari, potensi timbulan sampah mencapai 1.940,85 meter kubik. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional