Menu

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021, Terbaik Sesumatra, Tanah Datar Raih TPID Award

  Dibaca : 135 kali
Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021, Terbaik Sesumatra, Tanah Datar Raih TPID Award
Bupati Tanah Datar, Eka Putra saat berdialog dengan Presiden Joko Widodo secara virtual.

TANAHDATAR, METRO–Momentum emas dipe­roleh Kabupaten Tanah Datar pada Rakornas Ra­pat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021, Rabu (25/8). Bupati Tanah Datar Eka Putra salah satu ke­pala daerah yang terpilih dari 548 kepala daerah se-Indonesia yang ber­kesem­patan bisa berdialog lang­sung dengan Presiden Joko Widodo, secara virtual dari Istana Negara pada ajang tahunan ini. Dua kepala daerah lainnya, Gubernur DIY dan Bupati Banyu­wa­ngi.

Dialog ini Presiden Joko Widodo didampingi Gu­bernur BI Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Pere­konomian Airlangga Har­tato dan Menteri Kabinet Kerja lainnya serta diikuti kepala daerah se-Indo­nesia  secara virtual.

“Tanah Datar punya lahan pertanian yang luas yaitu 63.630 ha dan meru­pakan daerah penghasil komoditas pertanian, se­lain untuk memenuhi kebu­tuhan bagi masyarakat Tanah Datar juga untuk memenuhi kebutuhan da­erah tetangga, pak Pre­siden,” ucap Eka Putra sebagai pembuka.

Dijelaskan salah satu yang paling banyak diha­silkan adalah tomat. tahun 2020 produksinya menca­pai 17.737 ton. Tanah Datar perlu dukungan dari bapak Presiden untuk pemasaran produk pertanian di anta­ranya pemasaran tomat atau penyediaan anggaran untuk pabrik saus tomat, atau bisa juga berupa kebi­jakan TPIP untuk mem­fasilitasi TPID kabupaten/kota bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan untuk menampung hasil produksi pertanian atau pemasaran hasil dalam bentuk MoU antara TPIP dengan perusahaan ter­sebut.

“Kami berharap ke de­pan Tanah Datar menjadi sentra pengembangan ko­miditi cabe dan bawang merah. Apalagi Tanah Da­tar sudah punya varietas bawang merah Sumbu Ma­rapi. Kami ingin berkontri­busi dalam menekan inflasi karena bawang merah sa­lah satu penyumbang in­flasi di Indonesia. Ke­ingi­nan ini bisa terwujud de­ngan bantuan Bapak Pre­siden,” tambah bupati.

“Mendukung hal ter­sebut untuk distribusi, Ta­nah Datar membutuhkan dukungan APBN untuk pem­bangunan infrastruktur, yaitu pembangunan pasar Batusangkar dan perbai­kan akses masuk ke Tanah Datar yang punya 7 pintu masuk di mana saat ini dalam kondisi rusak se­hingga menyebabkan ter­hambatnya arus barang dan jasa,” jelasnya.

Menjawab hal tersebut Presiden mengatakan pe­manfaatan digital platform menjadi salah satu solusi baik yang bisa menjangkau daerah, nasional maupun yang masuk ke pasar global.

“Banyak sekali saat ini (Platform digital-red), baik di bidang pertanian mau­pun perikanan, dorong ma­suk ke platform ini, sehing­ga jangkauan pemasaran lebih lebar dan saya kira pasar ke depan ya pasar ini, pasar lewat digital platform atau jika bisa lebih tinggi lagi seperti buka­lapak,ada tokopedia, beri­kan kesempatan kepada petani, nelayan kita bisa masuk ke platform digital, dan kesempatannya ada­lah sekarang,” sampai Pre­siden Jokowi yang pernah juga berkunjung ke Tanah Datar khususnya Nagari Paringan.

“Undang platform digital ke daerah, saat tomat melimpah di Tanah Datar, maupun bawang merah. Tanitube, Sayurbox, tani­hub, platform seperti itu yang bisa secara cepat memperluas pemasaran produk-produk kita dari daerah, dan jangkauan-jangkauan yang jauh pun mereka bisa, Syukur kalau bisa menjangkau ekspor karena akan memperbaiki nerasa perdagangan kita. Memperbaiki terhadap pem­bayaran kita, karena memang kesempatan saat ini terutama untuk produk-produk pangan luas se­kali,” terang presiden.

“Mengenai tadi yang disampaikan Bupati Tanah Datar , untuk jalan nanti saya suruk cek oleh Men­teri PUa mempercepat,” tutup Presiden.

Selain mendapat ke­hor­matan bisa berdialog, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tanah Datar menorehkan sebuah prestasi mem­bang­gakan dengan men­jadi terbaik dan mempe­roleh penghargaan TPID Award 2021 kategori TPID Berprestasi Kabupaten/Kota wilayah Sumatera. Prestasi yang meningkat dibanding tahun lalu se­bagai Nominasi 1.

Penghargaan ini di­u­mum­kan saat Rapat Koor­dinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang dibuka Presiden Jokowisecara virtual dari Istana Negara disaksikan Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Wagub Sum­bar Audy Joinaldy, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar Wahyu Purnana A dan De­puti Kepala Perwakilan Gunawan Wicaksono, Plh. Sekda Tanah Datar Edi­susanto di aula Bank Indonesia (BI) di Padang.

Selepas acara Wagub Sumbar Audy Joenaldy menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati dan jajaran serta TPID Tanah Datar yang telah mampu menjadi terbaik di Wilayah Sumatera. 

“Keberhasilan TPID Ta­nah Datar meraih TPID Award ini merupakan pen­capaian luar biasa dan menjadi kebanggaan bagi semua, dan diharapkan menjadi penyemangat, mo­ti­vasi ataupun contoh daerah lain di Sumbar un­tuk terus menggiatkan pe­ngen­dalian inflasi di dae­rahnya masing-masing. Tanah Datar juga meru­pakan daerah penyokong pangan utama Sumatera Barat,” ujarnya.(ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional