Menu

Rakor Percepatan Tangani Wabah Covid-19

  Dibaca : 338 kali
Rakor Percepatan Tangani Wabah Covid-19
Rakor Percepatan Tangani Wabah Covid-19

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasaman Barat (Pasbar), bersama Pemkab melaksanakan Rapat Koordinasi dalam upaya percepatan penaganan Covid-19. Rakor dilaksanakan diruang sidang utama DPRD Pasbar. “Wabah Covid-19 bukan sebuah kebetulan akan tapi harus segera diatasi, tapi perlu tindakan dan antisipasi demi keselamatan masyarakat banyak” kata Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni didampinggi Bupati Pasbar Yulianto, kemarin.

Dikatakan Farizal, hasil rapat koordinasi telah disetujui seluruh fraksi di DPRD Pasbar, dimana Pemerintah Daerah agar dapat menggunakan Anggaran untuk penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis, Satgas, dan masyarakat yang terlibat langsung dalam Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Mengingat situasi yang dihadapi saat ini sangat genting dan serius, menurut DPRD Pasbar tidak bisa dihadapi dengan cara yang biasa-biasa lagi, itu harus dilakukan dengan cara yang luar biasa dengan melibatkan semua pihak dan semua sumber daya yang dimiliki. Dalam penanganan virus corona ini, sangat dibutuhkan dana pembelian APD, dimana anggarannya direncanakan lebih kurang sebesar Rp15 miliar, melihat anggaran yang ada kekutan dana Pemkab Pasbar hanya tersedia sebesar Rp6,5 miliar.

“Berarti dana yang dibutuhkan masih kurang sebesar Rp8,5 miliar lagi untuk kebutuhan penaganan Covid-19 di wilayah Pemkab Pasbar,” sebutnya.

Melihat dari kekurangan dana tersebut, pihak DPRD sepakat seluruh fraksi dan anggota DPRD yang berjumlah 40 orang bersedia di potong Dana Pokok Pikiran (Pokir) sebesar Rp150 juta setiap masing-masing anggota DPRD Pasbar,” tuturnya.

Setelah dilakukan pemotingan dana Pokir masih juga kekurangan sebesar Rp2 miliar lagi. Maka berdasarkan kesepakatan bersama dana yang kurang Rp2 miliar lagi silahkan Bupati Pasbar mencarikan solusinya. Sehingga aanggaran penanganan Covid-19 terpenuhi, ungkap Paizal. DPRD Kabupaten Pasbar, memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih atas usaha dan kerja keras yang sudah dilakukan oleh Pemkab Pasbar, dalam menyikapi dan melakukan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dan yang dibutuhkan Pemkab Pasaman Barat saat ini untuk melindungi warganya dan perang total terhadap Covid-19,” terangnya.

Sementara, Bupati Pasbar Yulianto mengatakan, kami ucapakan terima kasih yang sebesarnya kepada 40 orang anggota DPRD Pasbar, yang mana sudah memberikan anggaran Dana Pokirnya untuk pmberantasan vius Corona ini. “Kita ucapkan terima kasih sekali dan patut di acungkan Jempol pada Bapak bapak anggota DPRD kita ini,” kata Yulianto.

Ditambahkan, dari Pemkab Pasbar juga akan berusaha untuk mencari anggaran kekeurangan tersebut, dengan bersama-sama kita pasti akan tercapai dan terlaksana. “Insya Allah wabah virus Corona ini cepat berlalu sehingga, masyarakat kita tidak panik dan resah,” ujar Yulianto. (end)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional