Menu

Rakor KKM Percepat Pelaksanaan Pamsimas di Nagari Sako

  Dibaca : 65 kali
Rakor KKM Percepat Pelaksanaan Pamsimas di Nagari Sako
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Pasaman Barat (Pasbar) mendistribusikan 10 ekor sapi kurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat dari tanggal 20 sampai tanggal 23 Juli 2021.

SOLSEL, METRO–Percepatan pelak­sa­naan lanjutan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masya­rakat (Pamsimas) di Nagari Sako Selatan Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan (Solsel), di­lak­sanakan Rapat Koor­dinasi (Rakor) Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Nagari di Aula Kan­tor Wali Nagari setempat, Jumat (16/7).

Kegiatan Rakor Pamsi­mas yang dibuka secara resmi Wali Nagari Sako Selatan Pasia Talang, Keca­matan Sungai Pagu, Pepi Suhendra itu dihadiri, Ke­pala Kejari Solsel, Bardan, Kabid Perkim Dinas Perkim & LH Solsel, Alvino Sendra dan staf Darmawan, Ca­mat Sungai Pagu diwakili Kasi Pembangun Kantor Camat Sungai Pagu, Masri Susanti.

Pepi berharap, melalui program Pamsimas ini a­kan terwujud harapan 556 Kepala Keluarga (KK) pe­ne­rima manfaat untuk mem­peroleh keter­se­di­a­an air bersih yang ber­muara terbangunnya ma­­sya­ra­kat yang sehat di nagari.

Artinya sebanyak 556 KK dari jumlah 648 KK dan 2081 jiwa yang ada di na­gari ini hendaknya betul-betul dapat memam­faat­kan hasil pembangunan Pamsimas yang sudah di­pe­runtukan oleh Peme­rintah untuk masyarakat nagari ini. “Sukses lanjutan pembangunan Pamsimas tahun ini dari yang sudah diperoleh Nagari tahun 2019 lalu, hendaknya betul-betul teraplikasi dalam bentuk dukungan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan KKM,” harap Pepi.

Kabid Perkim Alvino Sendra berharap, pelak­sanaan kegiatan Pamsi­mas yang di peroleh nagari itu hendaknya dapat ter­lak­sanakan sesuai jadwal kegiatan. Hal yang sama juga untuk penerima mam­faat.

Tahun ini, Solsel melalui DAK Air Minum mem­pe­roleh anggapan sebesar Rp. 4,7 miliar yang ter­sebar di 13 nagari. Se­dangkan, kegiatan ini akan dipro­yeksikan untuk mem­per­luas akses masyarakat akan air minum yang layak, dengan memperluas dae­rah layanan dan mem­per­banyak sambungan ru­mah yang terme­te­ri­sasi.

Kepada Kelompom Kes­­wa­dayaan Masyarakat (KKM) dan Satuan Pe­lak­sana (Satlak) hendaknya dapat memaksimalkan pe­lak­sanaan kegiatan. Se­hingga pelaksanaan akan selesai tepat waktu dan tepat sasaran. “Kita sangat berharap, pada Pemerin­tahan Nagari dan Mitra Kerja Nagari agar me­ngoptimalkan pelaksanaan kegiatan pembangunan Pamsimas sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang sudah ditetapkan,” katanya.

Kejari Solsel, Bardan meminta pelaku kegiatan untuk dapat melak­sa­na­kan kegiatan sesuai Juk­nis. Sehingga tidak ter­kendala dilapangan, dan berurusan dengan A­pa­rat Penegak Hukum (A­PH).

Usai kegiatan Rakor, Fasilitator Pamsimas Kabu­paten Solsel, Ade Irwan, ST dan Wahdania, SPd menje­laskan, tahapan berikutnya adalah KKM akan melaku­kan survey barang penga­daan khusus, serta melak­sanakan kontrak penga­daan barang dan di­lan­jutkan pelaksanaan kegia­tan.

Sementara untuk ke­giatan dilapangan diha­rapkan pelaksanaan sesuai dengan diseain dan ren­cana pelaksanaan kegiatan yang sudah ditetap­kan. Sedangkan untuk perce­patan kegiatan yang ter­kon­trak mulai Juni sampai Oktober tersebut, ditaget ada dua, yaitu pemasa­ngan pipa dan sambungan rumah. (*/afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional