Menu

Raih 32,64 Persen dari 100 Persen Tabulasi Model C PKS, Mahyeldi-Audy Menangi Pilgub Sumbar

  Dibaca : 644 kali
Raih 32,64 Persen dari 100 Persen Tabulasi Model C PKS, Mahyeldi-Audy  Menangi Pilgub Sumbar
DEKLARASI KEMENANGAN—Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar nomor urut 4, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy mendeklarasikan kemenangan dalam Pilgub Sumbar berdasarkan hasil real count internal DPW PKS di Posko Pemenangan Jalan Sudirman, Kota Padang, Kamis (10/12).

PADANG, METRO
Sehari setelah pencoblosan, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) nomor urut 4, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy mendeklarasikan kemenangan mereka dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar tahun 2020. Hal itu berdasarkan hasil real count internal DPW PKS Sumbar yang disampaikan di Posko Pemenangan Jalan Sudirman, Kota Padang, Kamis (10/12).

Pasangan yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memperolehan suara 32,64 persen. “Berdasarkan laporan dari 25.000 saksi kita di lapangan, kita unggul 32,64 persen dari pasangan calon lainnya lain,” ujar Ketua DPW PKS Sumbar, Irsyad Syafar.

Turut hadir dalam deklarasi itu, Calon Gubernur Sumbar Mahyeldi dan calon Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Sekretaris DPW PPP Sumbar Amora Lubis, Ketua Pemenangan Mahyeldi-Audy, Mochlasin dan tim pemenangan pengurus DPW PPP lainnya.

Irsyad Syafar yang juga Wakil Ketua DPRD Sumbar ini mengatakan, berdasarkan tabulasi suara hingga tadi malam dari para saksi yang berada di 12.574 TPS, perolehan suara untuk pasangan Mahyeldi-Audy disusul pasangan nomor urut 2, Nasrul Abit-Indra Catri, yaitu 30,05 persen.

Sementara, untuk pasangan nomor urut 1, Mulyadi-Ali Mukhni 27,48 persen dan pasangan nomor urut 3, Fakhrizal-Genius Umar 9,83 persen. “Data kita sudah lengkap dari seluruh kabupaten dan kota di sumbar, sudah berbasis model C atau real count yang sudah 100 persen. Berdasarkan hasil langsung dari rekap suara di TPS. Ada selisih 2,5 persen dari pasangan nomor urut 2, atau perkiraan kita 57 ribu suara,” paparnya.

Ia mengaku optimistis bisa mengunci kemenangan Pilgub Sumbar tahun 2020. Namun, ditegaskan bahwa pihaknya akan tetap menunggu hasil penetapan dari KPU. “Itu pasti ada juga margin errornya, kalaupun ada, palingan sedikit. Hasil (hitungan) kita tidak akan jauh berbeda dengan hasil hitungan KPU Sumbar,” katanya didampingi Juru Bicara Mahyeldi-Audy, Mulyadi Muslim.

Sekretris DPW PPP Amora Lubis menyampaikan ucapan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh penyelenggara pilkada, KPU dan Bawaslu, para aparat keamanan, serta seluruh masyarakat Sumbar, atas terselenggaranya pilkada serentak ini dengan damai, aman dan lancar. “Ini adalah kemenangan bagi seluruh masyarakat Sumbar,” katanya.

Cagub Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terima kasih atas kerja keras yang luar biasa dari para kader dan pengurus PKS dan PPP di seluruh Kabupaten dan Kota, para relawan, simpatisan dan seluruh pendukung paslon nomor urut empat.

“Usaha para relawan luar biasa melakukan pengawasan mulai dari malam tadi, Rabu (9/12) hingga Kamis subuh (10/12),” ujar Mahyeldi yang juga Wali Kota Padang dua periode ini.

Mahyeldi mengungkapkan, berdasarkan gambaran sementara, Mahyeldi-Audy unggul. Untuk itu, Mahyeldi meminta pada relawan dan pendukungnya tetap menjaga dan mengawasi sampai nanti keputusan KPU bahwa kemenangan milik paslon nomor urut empat.

“Mari kita tetap kawal perkembangan suara sampai penetapan KPU. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk bersama-sama membangun Sumbar yang lebih baik di masa mendatang,” harap Mahyeldi.

Sementara itu, Cawagub Audy Joinaldy mengatakan, dirinya bersyukur unggul sementara versi real count di dua lembaga survei nasional. Apalagi saat ini juga sudah dikuatkan dengan real count versi tim pemenangan Mahyeldi-Audy. Dia berterima kasih kepada relawan dan pendukung yang telah berpartisipasi untuk memenangkan Mahyeldi-Audy.

Audy meminta agar para saksi di seluruh TPS di Sumbar untuk terus mengawal hasil rekapitulasi di TPS masing-masing. “Kita sudah melihat hasil survei. Ini merupakan metode ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi dikuatkan oleh real count. Saya minta seluruh relawan jangan sampai kita kecolongan sampai penetapan pleno oleh KPU,” paparnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional