Menu

Rahayu Purwanti jadi Pembina Upacara Kaum Disabilitas

  Dibaca : 228 kali
Rahayu Purwanti jadi Pembina Upacara Kaum Disabilitas

BUKITTINGGI, METRO—Ada yang unik dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di sebuah sekolah di kawasan Bukik Apik, Kota Bukittinggi, pekan lalu. Sejumlah anak disabilitas mengikuti upacara bendera yang digelar oleh Himpunan Komunitas Disabilitas (HKD) Sumbar.

Menariknya, semua pelaksana upacara Jumat (17/8) itu adalah anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas. Hal ini disebut sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bukti nyata bahwa, kaum difabel juga mampu menorehkan prasasti.

Penggagas HKD Sumbar, Hj Rahayu Purwanti yang langsung menjadi pembina upacara menyebutkan, kali ini, upacara digelar bersama Himpunan Komunitas Disabilitas Kota Bukittinggi. Sementara tahun lalu, upacara yang sama digelar di Lapangan Gedung Rohana Kudus, Kota Padang.

“Alhamdulillah, ini tahun kedua kita menggelar upacara hari kemerdekaan RI bersama anak-anak disabilitas. Semangat mereka sama dengan anak-anak bisa. Semua menunjukkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia,” kata anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini.

Pada upacara, kata Rahayu, dia langsung menjadi pembina upacara, didampingi oleh relawan yang menjadi komandan upacara, dan pengibaran bendera atau Paskibra oleh anak-anak tuna rungu. Sedangkan pelaksana lain dan peserta semuanya adalah penyandang disabilitas.

“Himpunan ini adalah sarana bagi penyandang disabilitas dan para relawan serta pemerhati untuk berkiprah dalam pembangunan Sumatera Barat dan Indonesia. Jangan sampai, di negara yang merdeka ini, ada golongan yang dinomorduakan, dan tidak mendapatkan hak-hak mereka secara penuh,” kata Rahayu yang maju kembali sebagai acalon anggota DPR Sumbar dari Dapil I (Kota Padang).

Sebagai anggota DPRD Sumbar, dan pernah dua periode menjadi anggota DPRD Kota Padang (2004-2019), Rahayu memang konsen dalam memperjuangkan hak-hak kaum disalbilitas. Dia kerap berada di Komisi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang banyak terlibat langsung terhadap kebutuhan kaum disabilitas.

“Kami akan selalu bersama orang-orang disabilitas. Karena itulah, komunitas ini terus dikumpulkan, dan membuat berbagai acara. Seperti upacara, aneka lomba, dan juga iven-iven tahunan lainnya. Semoga semakin banyak orang yang peduli dengan kaum difabel,” kata alumni Fakultas Pertanian Unand ini. (d)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional