Close

Putra Wapres Tanam Pohon Pinago di Kota Pariaman

TANAM—Putra Wakil Presiden RI, Gus Syauqi saat tanam pohon di kawasan Pantai Ma’ruf Amin, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

PARIAMAN, METRO–Putra Wakil Presiden RI, Gus Syauqi tanam pohon di kawasan Pantai Ma’ruf Amin, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Pohon yang ditanam oleh Gus Syauqi ini adalah Pohon Pinago, yang merupakan pohon asli daerah yang ba­nyak tumbuh di pantai yang ada di Kota Pariaman.

“Alhamdulillah, saya juga berkesempatan mena­nam pohon di samping pohon abah saya di kawasan Pantai Ma’ruf Amin ini, yang menjadi kebanggan tersendiri bagi saya selaku anak beliau, dimana Kota Pariaman telah memberikan sebuah nama kawasan pantainya dengan nama abah,” ucap Gus Syauqi, kemarin.

Selain itu, Gus Syauqi sapaan akrab Ahmad Syau­qi Ma’ruf amin ini mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertamanya ke Su­matera Barat dan khusus hanya ke Kota Pariaman saja, karena ia telah jatuh hati dan kecintaanya deng­an kota ini.

“Semoga hubungan ba­ik ini dapat terus kita jaga, karena dengan Kota Pariaman saking cintanya dengan abah, sampai menamai pantainya dengan nama abah, dan begitupun sebaliknya, kami akan juga cinta dengan Kota Pariaman, karena untuk membangun daerah, harus kita lakukan secara bersama,” ujarnya.

Sementera itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa pena­naman pohon di sepanjang pantai Kota Pariaman ini, selain sebagai pohon peneduh, juga sebagai upaya mitigasi bencana dengan apa yang telah pihaknya lakukan selama ini.

“Keberadaan pohon k­etapang yang ditanam oleh RI 2 dan pohon pinago yang ditanam oleh sang anak, Gus Syauqi ini menjadi sangat penting. Sebab, selain sebagai peneduh, kelak pohon jenis pesisir pantai ini akan mampu menjadi benteng alami yang dapat mereduksi potensi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami,” ungkapnya.

Genius Umar juga me­njelaskan dalam memitigasi adanya bencana se­perti gempa dan tsunami, tidak bisa hanya mengandalkan instrumen infrastruktur buatan manusia saja, tetapi harus diimba­ngi juga dengan kombinasi alam.

“Kawasan penanaman pohon oleh Wakil Presiden dan anaknya ini, nantinya akan kita kemas menjadi kawasan yang tertata baik, sebagai bagian pemba­ngunan infrastruktur deng­an tetap memperhatikan  ekosistem yang ada, se­hingga tujuan kita untuk wisata yang ramah lingku­ngan dan menarik, dapat kita wujudkan,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top