Menu

Puskesmas Tanjung Gadang Berkompetisi ke Nasional

  Dibaca : 102 kali
Puskesmas Tanjung Gadang Berkompetisi ke Nasional
Bupati Yuswir Arifin dan Kepala Puskesmas Tanjung Gadang, Sijunjung mempersentasikan program Maspettag yang dinilai Kemenpan RB sebagai Inovasi pelayanan publik tingkat nasional

SIJUNJUNG, METRO
Puskesmas Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung dinilai tim berprestasi dalam inovasi pelayanan publik dengan menghadirkan program masyarakat peduli TB Tanjung Gadang atau yang disingkat dengan Masspettag dan meraih peringkat ke-3 terbaik tingkat Sumbar. Kini, program tersebut kembali dibawa berkompetisi ditingkat nasional.

Kabupaten Sijunjung melalui Puskesmas Tanjung Gadang mengusung program Inovasi Maspettag tersebut dengan melibatkan masyarakat untuk menekan angka penyebaran penyakit tuberkulosis (TB) di Kecamatan Tanjung Gadang.

Program itu sebagai pemberdayaan kelompok masyarakat eks penderita TB dan keluarga penderita TB, sebagai agen yang berfungsi memberikan edukasi kepada masyarakat. Semua agar pro aktif memeriksakan diri ke puskesmas jika terjadi gejala TB.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin didampingi Kepala Puskesmas dr.Imelda dan Koordinator Maspettag Herizon Putra SKep melakukan ekspos dan wawancara bersama tim penilai dari tenaga ahli dan professional yang ditunjuk Kemepan RB, pada Selasa (14/7). Kegiatan itu dilakukan secara daring via zoom, dan ditayangkan live di chanel Youtube Kemenpan RB.

Bersaing dengan 3.059 inovasi lainnya, Kabupaten Sijunjung meyakinkan Tim Penilai dengan menampilkan video dan Informasi serta data-data tentang Maspettag. “Inovasi Maspettag dinilai memiliki keunggulan salah satunya dengan adanya buku tabungan dahak kepada anggotanya, sebagai dokumen bukti pendataan sampel dahak yang dikumpulkan, kemudian masyarakat akan diberi rewar untuk kesadaran tersebut,” tutur Bupati.

Bupati menekankan bahwa Maspettag telah mampu mendukung Puskesmas Tanjung Gadang dalam memberikan pelayanan publik, terutama dalam pengurangan penyebaran TB dan mengubah stigma negatif masyarakat bahwa TB adalah penyakit yang berkaitan dengan hal mistis. (ndo)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional