Menu

Puskesmas Dituntut Tingkatkan Pelayanan

  Dibaca : 146 kali
Puskesmas Dituntut Tingkatkan Pelayanan
PERTEMUAN—Kegiatan pertemuan yang membahas persoalan peningkatan standar pelayanan di tingkat Puskesmas. (eriviko/posmetro)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok meminta setiap Puskesmas meningkatkan standar pelayanan terhadap masyarakat. Dinas terkait harus melakukan kontrol dan evaluasi berkala terhadap pelayanan Puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Solok. Sehingga, bisa memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

Sekretaris Daerah Solok, Aswirman menyebutkan, Puskesmas yang dikembangkan sejak tahun 1968 merupakan fasilitas kesehatan terdepan dan ujung tombak penyelenggaraan pelayanan kesehatan dasar di tingkat masyarakat.

Maka dari itu, pelayanan terhadap masyarakat harus menjadi prioritas utama dan harus selalu meningkat setiap tahunnya, fungsi utama Puskesmas yang mengedepankan upaya promotif dan preventif. Selian itu termasuk di dalamnya penjangkauan (outreach) kepada masyarakat juga menurun di era JKN.

“Ke depannya, peran Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar harus terus diperkuat,” ujarnya.

Pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan mereka. Standar pelayanan minimal bidang kesehatan, merupakan acuan bagi pemerintah daerah kabupaten/ kota dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal.

Peranan pemerintah di bidang kesehatan harus di standarisasi agar warga negara dapat memenuhi kebutuhannya di bidang kesehatan. Pelaksanaan SPM bidang kesehatan diprioritaskan bagi warga negara yang berhak memperoleh pelayanan dasar kesehatan secara minimal sesuai dengan jenis pelayanan dasar dan mutu pelayanan dasarnya.

Dinas kesehatan dalam hal ini sebagai perpanjangan tangan kepala daerah dalam pencapaian standar pelayanan minimal bidang kesehatan diharapkan dapat melaksanakan fungsinya dalam hal monitoring, evaluasi dan pengawasan pelaksanaan standar pelayanan minimal bidang kesehatan.

“Agar nantinya, semua masyarakat Kabupaten Solok mendapatkan pelayanan kesehatan dasar sesuai standar,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, Lida Atika Alfi mengatakan, sudah melakukan pertemuan yang membahahas mengenai peningakatan upaya pencapaian standar pelayanan minimal dan capaian kinerja puskesmas semester I. Dalam pertemuan tersebut di ikuti oleh sekretaris, kepala bidang, kasubag, dan kasie di lingkungan dinas kesehatan sembilan belas puskesmas yang terdiri dari kepala puskesmas dan ketua tim mutu Puskesmas.

Ia berharap, dari pertemuan tersebut, dapat menggali kendala, mulai dari pengumpulan data sampai pada tahap evaluasi sehingga dapat menyusun rencana tindak lanjut agar masyarakat kabupaten solok memperoleh pelayanan dasar sesuai standar seratus persen. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional