Menu

Puskesmas Cubadak Buka Pelayanan di Luar Gedung

  Dibaca : 93 kali
Puskesmas Cubadak Buka Pelayanan di Luar Gedung
Tim Kesehatan Puskesmas Cubadak Dua Koto saat usai memberikan pelayanan di daerah terisolir.

PASAMAN, METRO
Tim kesehatan Puskesmas Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman terus melakukan pelayanan luar gedung yang bersifat promotif, preventif, kuratif secara terpadu dan terintegrasi di daerah sulit dan terpencil.

Diketahui, Puskesmas Cubadak merupakan salah satu dari 16 puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman. Untuk wilayah Puskesmas Cubadak membina 4 Nagari/desa dan diantaranya Jorong Sei Beremas (Sigalabor) Nagari Cubadak Barat dengan status daerah terpencil yang sulit di jangkau pelayanan kesehatan.

Kepala Puskesmas (Kapus) Cubadak, Nelfa Susanti mengatakan berbagai macam cara dilakukan pihaknya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di daerah terpencil di wilayah kerjanya salah satunya dengan melakukan penyerahan bidan desa.

Disamping itu pihaknya juga rutin melakukan penjaringan kesehatan anak sekolah di daerah terpencil, pemantauan Kesehatan Ibu hamil, Imunisasi, pelayanan KB, Pemantauan tumbuh kembang balita, pemantauan gizi, pelayanan kesehatan lansia, Posbindu, Kesehatan Jiwa, penyuluhan toga, pembinaan dan pemantauan Kesehatan lingkungan dan pengobatan dan lain-lain.

Untuk menjangkau lokasi yang dituju, kata dia, harus menggunakan kendaraan roda dua dengan jarak tempuh sekitar 25 kilometer lebih kurang 4 jam perjalanan.

Akses menuju pedesaan warga di daerah teriolir di Kecamatan Dua Koto cukup sulita karena selain penuh pendakian dan turunan akses jalan kedaerah tersebut juga sempit dan penuh bebatuan sehingga menyulitkan para petugas untuk menembus jalan tersebut.

Pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten Pasaman kedepannya untuk memperhatikan akses jalan ke daerah-daerah terpencil di Kecamatan Dua Koto, Seperti di Kejorongan Sinuangon, Batang Kundur, Sri Beremas  Sigalabor dan lain-lainnya.

“Sehingga nantinya warga mudah mengakses jalan tersebut, tidak hanya warga kita juga petugas kesehatan juga mudah memberikan kesehatan di daerah-daerah terpencil ini, apalagi untuk menekan tingginya kasus stunting di daerah pinggiran,” jelas dia. (cr6)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional